5 Film yang Mengisahkan Mitologi Yunani

Mitologi Yunani tak pernah habis jadi sumber inspirasi. Kisahnya yang menarik dengan tokoh-tokoh unik mulai dari kisah dewa dewi, medusa, makhluk setengah hewan maupun manusia setengah dewa. Hollywood pun tak pernah main-main membuat film yang mengangkat mitologi Yunani. Berikut 5 film Yunani terbaik garapan Hollywood

1. Troy (2004)

Film ini menceritakan tentang Perang Troya. Perang ini terjadi lantaran adanya kisah cinta terlarang antara Paris dan Hellen. Paris yang merupakan seorang Pangeran dari kerajaan Troy mencintai seorang wanita dari kerajaan yang menjadi musuhnya yaitu Helen yang merupakan Ratu Kerajaan Sparta. Film ini ditayangkan pada tahun 2004 dan menjadi salah satu film kolosal terbaik sepanjang sejarah. Hingga saat ini, film Troy masih sering di putar di berbagai media penyiaran. Film ini sebenarnya di adaptasi dari sebuah buku tentang mitologi Yunani yang berjudul The Lliad Of Homer. F.

 

2. Clash of the Titans  (2010)

Film in merupakan daur ulang dari film tahun 1981 dengan judul yang sama.  Menceritakan tentang mitologi Yunani dengan Perseus sebagai tokoh utamanya. Film yang disutradarai oleh Louis Leterrier merupakan film petualangan fantasi yang melibatkan pahlawan Yunani bernama Perseus (Harry Hamlin). Ia mencari cara untuk mengalahkan raksasa laut, Kraken. Satu-satunya cara untuk mengalahkan Kraken adalah dengan mengambil mata sihir Medusa. Perseus pun sukses mengalahkan Medusa dan mengubah Kraken menjadi batu dengan mata sihir itu.

 

3. Percy Jackson and Lightning Thief (2010)

Film ini diadaptasi dari novel fantasy karya Rick Riordan. Menceritakan tentang seorang manusia setengah dewa, putra Poseidon (Dewa Air) , yang bernama Percy Jackson. Ia dituduh mencuri petir milik Dewa Zeus.  Untuk membuktikan bukan ia pelakunya, Percy Jackson bersama 2 temannya yang juga manusia setengah dewa dari camp demigod pergi ke Olympus. Film ini banyak menampilkan makhluk-makhluk unik dari mitologi yunani seperti 12 dewa dewi di olympus, medusa, centaurus dan lain sebagainya.

 

4. Immortals (2011)

Film yang disutradarai oleh Tarsem Singh itu berkisah tentang kejahatan dan kebaikan dalam mitologi Yunani. Di sebuah desa kecil, tinggal seorang penduduk bernama Theseus (Henry Cavill) yang merupakan prajurit terampil. Tapi ia harus menerima kenyataan pahit saat sang ibu dibunuh di depan matanya sendiri oleh Raja Hyperion (Mickey Rourke). Sejak saat itu, Theseus bertekad menghabisi Hyperion dengan bantuan Dewa Zeus (Luke Evans). Tiba sampai akhirnya pertempuran para manusia biasa yang dibantu oleh Dewa melawan Hyperion yang dibantu oleh para Titans. Film berdurasi 110 menit itu menampilkan visual yang menakjubkan.

 

5. Hercules (2014)

Film Hercules menceritakan tentang kisah yunani kuno yang legendaris. Setelah meyelesaikan dua belas tugas untuk membayar kesalahannya, Hercules (Dwayne Johnson) kini menjadi seorang tentara bayaran. Hercules sendiri dalam mitologi Yunani dikatakan sebagai anak setengah dewa Zeus, yang telah menyelesaikan legenda Twelve Labors, yang justru dikhianatai oleh Hera yang membuatnya menggila dan menyebabkan pembunuhan terhadap istrinya.

Dalam film ini,  Hercules ke Yunani dengan lima sahabat setianya untuk menjual jasanya demi emas. Panglima perang mengancam raja Thrace untuk menghancurkan kerajaannya. Raja pun mendekati Hercules agar mau membantu. Hercules sering dihantui oleh kenangan kematian istri dan anak-anaknya yang dilakukannya sendiri, termasuk bayangan Cerberus.

 

Google+