5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

JATENGLIVE.COM – Perut kenyang hati senang. Namun seringkali kita mengabaikan kesehatan kita setelah makan nih guys. Untuk itu yuk simak ulasan berikut ini agar kita dapat menghindar hal-hal yang berbahaya jika kita lakukan setelah makan ya.   

1. Tidur

assets.kompas.com

Tidur setelah makan memang tidak disarankan karena berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tidur dengan perut kenyang bisa menyebabkan heartburn atau rasa panas di dada, sendawa dan tingginya asam lambung. Tidur sebaiknya dilakukan 2 jam setelah makan ya guys!

2. Mandi

images.dagelan.com

Mandi setelah makan juga dapat mengakibatkan mala petaka karena tidak baik untuk kesehatan lambung. Saat mandi, suhu tubuh kita akan sedikit naik. Untuk mengatasinya, tubuh mengirim sedikit lebih banyak darah ke kulit dibanding biasanya. Hal ini bisa merusak proses pencernaan dan memperlambat metabolisme. Waktu terbaik untuk mandi adalah 30 menit setelah makan.

3. Sikat Gigi

cdn2.sstatic.net

Menyikat gigi setelah makan memang baik dilakukan untuk membersihkan bakteri sisa-sisa makanan agar tidak menempel dan merusak gigi. Namun ada baiknya untuk memberikan jeda beberapa saat untuk menyikat gigi setlah makan, karena menyikat gigi secara langsung setelah makan malah akan merusak gigi. Bila setelah makan langsung sikat gigi, maka struktur alami saliva tersebut akan rusak dan memengaruhi fungsinya terhadap proses pencernaan. Karena itu, sebaiknya tunggu 15 sampai 20 menit, sehingga pH saliva kembali normal.

4. Minum Teh

rumah-pakbul.com

Ini nih kebiasaan yang sering banget kita lakukan. Yups, sering kali ketika kita makan teh menjadi minuman yang tepat untuk menemani santapan kita. Padahal dari hasil penelitian the tidaklah baik diminum setelah makan karena mengganggu penyerapan zat besi yang berperan penting dalam tubuh kita. Terutama untuk anak-anak dan ibu hamil sebaiknya untuk menghindari kebiasaan ini setelah makan.

5. Rokok

cdms.klimg.com

Terutama cowok nih, mungkin kamu memiliki kebiasaan menghisap rokok sehabis makan. Padahal, kebiasaan tersebut sangat membahayakan kesehatan. Pasalnya, hampir semua sistem di dalam tubuh kita bekerja selama proses pencernaan aktif. Dalam hal ini, nikotin akan diserap dua kali lipat banyaknya, oleh karenanya dapat meningkatkan efek bahayanya. Tembakau juga terbukti bisa menghambat penyerapan vitamin dan mineral termasuk kalsium dan vitamin C dan D. Sebaiknya kamu berhenti merokok sepenuhnya tapi kalau tidak bisa, tunggu setidaknya 20 menit setelah makan sebelum merokok.

So, tetap jaga kesehatan kita ya guys! Dengan sehat hidup kita jadi lebih bermanfaat J

 

Google+