5 Warung Bakso yang Wajib Dicoba Ketika Berlibur di Jawa Tengah

JATENGLIVE.COM - Berbicara mengenai bakso. Siapa sih yang tidak tahu makanan lezat khas Indonesia ini. Pasti Semua orang pernah mencoba makanan ini dan menjadikan salah satu makanan favoritnya.

Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayamikan, atau udang bahkan daging kerbau. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Berikut Jatenglive.com merangkum warung bakso yang wajib anda coba di Jawa Tengah 

1. Bakso Balungan Pak Dalimin – Semarang

Bakso Balungan Pak Dalimin di Jalan Pusponjolo 5, Semarang

Bagi anda yang sedang berwisata ke Kota Semarang dan anda penyuka bakso wajib cobain Bakso Balungan Pak Dalimin. Warung bakso ini berada di Jalan Pusponjolo Dalam 5,  Semarang. Warung ini berdiri sejak 1979 sampai sekarang. Satu porsi bakso berisi bakso ukuran sedang, mie, potongan daging sapi atau iso dan pangsit goreng. Harga yang ditawarkan juga terjangkau sekitar Rp 12.000; sampai Rp 15.000.

2. Bakso ABC – Salatiga

Sebenarnya nama warung bakso ini adalah Sari Roso, tapi orang lebih mengenalnya dengan nama Bakso ABC karena lokasinya ada di pertigaan ABC, salah satu landmark terkenal di kota Salatiga. rang-orang dari luar kota, baik dari arah Semarang maupun Solo, akan dengan mudahnya menemukan warung bakso ABC. Lokasi Bakso ABC berada di  Jl. Jend Sudirman 274 Salatiga. Berdekatan dengan Hotel Laras Asri

Semangkuk bakso ABC berisi mie/bihun dan beberapa butir bakso sapi. Isinya cukup simpel, namun kualitas rasa baksonya tak bisa diremehkan. Kekenyalan baksonya pas dan gurihnya berasa. Kuahnya pun terasa ringan dan segar, tidak berlemak.

3. Pondok Bakso Rudal – Tegal

bakso rudal hits di Tegal

Pondok Bakso Rudal berada di Jl. Pancasila, Panggung, Kota Tegal, Jawa Tengah. Pondok Bakso Rudal ini buka dari jam 09.00 sampai dengan jam 22.00.

1 porsi berisi satu bakso besar yang didalamnya dipenuhi oleh daging sapi cincang halus cukup memberikan kepuasan bagi penikmat bakso, beberapa butir bakso kecil serta mie, toge, bihun, dan irisan daun bawang.

Tak perlu merogoh kantong terlalu dalam, cukup dengan Rp.15.000,  sudah bisa menikmati seporsi bakso Rudal ditemani es teh manis dan kerupuk sebagai pelengkap menu makan siang.

4. Bakso Jamur Pak Widodo – Temanggung

Bakso jamur Pak Widodo

Di Temanggung, Jawa Tengah, terdapat warung bakso yang unik yaitu Warung Bakso Jamur milik Pak Widodo. Bahan bakso di warung ini terbuat dari jamur. Warung ini dibanggakan karena warung ini sebagai rumah makan pertama di dunia yang menghidangkan bakso jamur. 

Bakso jamur bisa dihidangkan bersama mi, seledri, dan kuah timun.Bahan bakso jamur terdiri dari jamur tiram putih, jamur kuping, hingga jamur lingsi. Proses pembuatannya tidak jauh berbeda dengan pembuatan bakso daging sapi. Pembedanya adalah dalam membuat bakso jamur harus lebih sabar karena waktu yang dibutuhkan relatif lama. 

Bakso jamur Pak WIdodo terletak di kawasan Maron, sebelah Selatan SMKN 1 Temanggung. Buka pukul 09.00-22.00.

5. Bakso Beranak – Wonogiri

Bakso Beranak

Jalan-jalan ke Kota Wonogiri belum lengkap kalau belum merasakan bakso Wonogiri. Salah satu bakso yang unik adalah Bakso Beranak. Bakso Beranak, tidak hanya karena ukurannya yang sebesar mangkok bakso, tapi juga adanya “kejutan”di dalamnya ketika bakso berukuran super jumbo tersebut dibelah menjadi dua. Bakso super jumbo yang terletak di desa Pule, Kecamatan Selogiri Wonogiri ini dijuluki bakso beranak  berisi sekitar 7 butiran bakso kecil, satu buah telur ayam rebus, dan telur puyuh.

Bagi yang sedang mengunjungi Wonogiri, bisa mampir dan merasakan nikmatnya bakso jumbo ini.

Kalau lagi main di kota-kota ini cobain yuk !

Google+