6 Hal Yang Membuat Ujian Lebih Mudah

JATENGLIVE.COM – Bagi kamu mahasiswa yang jarang mengikuti perkuliahan atau malas mencatatat, tentu akan merasa khawatir untuk menghadapi ujian semester. Belajar ‘wayangan’ atau belajar sepanjang malam memang masih menjadi kebiasaan yang dianggap ampuh untuk mempelajari materi perkuliahan yang ada. Namun hal tersebut tidaklah cukup efektif karena akan mengakibatkan mata dan tubuh serta otak kita menjadi lelah dan tidak fresh dihari ujian. Nah untuk itu tips dibawah ini akan membantu kamu agar ujian menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

1. Rangkum Materi

merangkum materi ujian sama dengan belajar materi

jokowarindo.id

Merangkum materi menjadi salah satu poin yang sangat penting karena dengan merangkum materi kamu sama juga dengan mempelajarinya. Aadapun pepatah yang mengatakan ‘satu kali menulis sama dengan sebelas kali membaca’. So, menulis ulang materi sama aja sudah belajar loh guys.

2. Minta Soal-soal Tahun Sebelumnya Kepada Kakak Tingkat

link kakak tingkat bisa dimanfaatkan untuk mempermudah ujian semester

img.okezone.com

Tips kedua merupakan salah satu usaha dengan memanfaatkan link hehehhe. Yups, mintalah soal ujian tahun sebelumnya dari kakak tingkat, mungkin soalnya tidak akan sama persis akan tetapi menjadi gambaran tipe soal yang akan muncul disaat ujian nanti, apakah unpredictable atau text book.  

3. Pahami Sistem Ujian

jangan sampai tidak membawa buku dan catatan ketika ujian open book

magazine.visualgang.com

Sistem ujian ini sama saja memahami dosen ya guys. Apakah dosen biasa memberikan ujian tertulis close book atau open book. Jika dosen sering memberikan ujian dikelas close book pahamilah apa yang biasa beliau sampaikan didalam perkuliahan, dan jika dosen memberikan ujian open book berilah tanda pada materi-materi yang sudah disampaikan dikelas dan  sering dibahas oleh dosen dalam perkuliahan. Dan jangan lupa untuk membawa buku dan catatan ketika ujian openbook!

4. Diskusi Kelompok

diskusi kelompok mempermudah untuk belajar materi perkuliahan yang tidak dimengerti

img.okezone.com

Diskusi kelompok ini sukup efisien untuk belajar bagi kamu yang tidak bisa bealajar sendiri. Dengan diskusi kelompok atau belajar bersama teman yang kamu anggap dapat membantu, akan menolng kamu menjawab bahasan-bahasanyang tida kamu mengerti. Kamu dapat bertanya kepada teman diskusimu sebelum kamu berada diruang kelas untuk ujian.

5. Datang Diminggu Terakhir Kelas

img.okezone.com

Penting banget! Diminggu terakhir inilah dosen biasanya menyampaikan kisi-kisi dan materi-materi apa saja yang akan keluar diujian nanti. So, jangan sampai kamu nggak hadir diminggu terakhir pertemuan ya guys!

6. Minta Kisi-kisi Kepada Dosen   

img.okezone.com

Jika dosen tidak menyampaikan tipe soal apa saja yang akan dikeluarkan berinisiftilah untuk bertanya kepadanya. Kisi-kisi cukup efektif untuk kamu mempelajari materi mana saja yang merupakan gambaran dari soal-soal yang akan keluar ketika ujian nanti. Sehingga kamu akan fokus pada materi tersebut dan tidak bias kemana-mana.

Semoga bermanfaat dan tetap semangat ya guys! J

Google+