Aneka Bubur Khas Nusantara Siap Menggoyang Lidah

JATENGLIVE.COM – Kamu penggemar bubur? Bubur memang menjadi salah satu makanan yang masuk dalam daftar sarapan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tapi tahukah kalian jika bubur memiliki banyak ragam? Nah di antara beraneka jenisnya ini, adakah yang menjadi favorit kamu?

Bubur Manado

Merupakan bubur yang gurih, bubur manado ini memiliki cukup banyak campuran. Mulai dari jagung manis, kemangi, bayam, labu dan aneka bumbu sekaligus ditambah topping lainnya. Bubur ini dikenal juga dengan nama bubur tinutuan. Bubur ini terbuat dari labu kuning yang dicampur dengan aneka sayuran seperti daun singkong, bayam, kangkung, kemangi, dan jagung. Bubur gurih ini biasa disantap untuk sarapan dengan tambahan lauk perkedel nike, ikan cakalang, serta sambal roa.

Bubur Ase

Asalnya dari Betawi, namun bubur ase sudah jarang ditemui. Berbeda dengan bubur biasa, bubur ase bewarna gelap karena disiram dengan kuah semur daging dan umumnya ditambahkan aneka lauk sebagai pendamping. Bubur ase atau disebut juga bubur cerancam. Bubur ase terbuat dari beras biasa, namun yang membuatnya unik adalah warnanya yang hitam karena berasal dari siraman kuah semur Betawi. Semur yang digunakan adalah semur daging dan kentang. Selain semur, bubur ase disajikan engan tambahan tauge, kacang kedelai, serta kerupuk merah.

Bubur Sumsum

Ini dia bubur penambah tenaga yang lazim ditemui dalam perayaan adat Jawa, baik di Solo maupun Yogyakarta. Bubur ini juga memiliki nama bubur lemu di Solo. Bubur sumsum bukan berarti dari sumsum sapi, tapi dari tepung beras yang disiram gula palma (terbuat dari pohon palma, bisa kelapa maupun aren). Selain itu bisa ditambah biji salak, ketan hitam, atau mutiara. Bubur dengan cita rasa yang manis ini bisa kamu temui di pasar tradisional.

Bubur Bassang

Bubur ini populer di Sulawesi Selatan, tepatnya Makassar. Bubur berwarna putih pucat ini terbuat dari jagung pulut alias jagung putih, tepung terigu, air, gula, dan garam. Bubur ini dihidangkan saat masih panas dan ditambahkan gula pasir. Saat ini di Makassar sudah berkembang bubur bassang dalam bentuk kemasan cepat saji, untuk oleh-oleh dan tak perlu repot membuatnya.

Google+