Apa Sih Pentingnya Bulan Bahasa?

JATENGLIVE.COM  - Jika mendengar istiah “Bulan Bahasa” tentu sudah tidak asing lagi bukan? Ya, Bulan Bahasa diperingati setiap tahunnya di bulan Oktober. Untuk jenjang sekolah, Bulan Bahasa memang selalu diperingati setiap tahunnya. Lalu untuk apa sih Bulan Bahasa diperingati setiap tahun?

1. Mencintai Bahasa Persatuan yaitu Bahasa Indonesia

Bulan Bahasa jatuh pada bulan Oktober dimana diperingati hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober. Adapun penggalan dari Sumpah Pemuda yaitu “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia” jadi sudah sangat jelas bulan bahasa diperingati untuk meningkatkan kesatuan dan persatuan Indonesia dengan menggunakan bahasa yaitu bahasa Indonesia karena Indonesia terdiri dari berbgai suku bangsa yang memiliki bahasa yang berbeda-beda. 

2. Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Menulis, Membaca, dan Berbicara

Bulan Bahasa identik dengan berbagai perlombaan antara lain membaca puisi, musikalisasi puisi, drama, menulis cerpen, membuat poster dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal ini bertujuan untuk menggali kreativias siswa dalam berbahasa. Menulis, membaca, dan berbicara dengan bahasa yaitu bahasa Indonesia.

3. Meningkatkan Kelancaran Berbahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

Tak lupa poin ini menjadi tujuan penting diperingatinya Bulan Bahasa setiap tahun. Saat ini banyak sekali anak muda yang mengeulu-elukan penggunaan bahasa asing dan tidak fasih dalam berbahasa Indonesia. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar pun jarang sekali digunakan. Padahal hal inisangat penting karena dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar berarti kamu telah memiliki rasa nasionalisme sebagai bangsa Indonesia. Jadi  jangan bangga dulu ya fasih berbahasa asing tapi tidak dengan bahasa Indonesia.  

4. Meningkatkan Prestasi Dibidang Bahasa dan Sastra

Hal ini tentu berkaitan dengan poin sebelumnya. Jika kita dapat menggunakan bahasa Indonesia ynagbaik dan benar secra tidak langsung kita telah meningkatkan prestasi dibidang bahasa dan sastra. Dengan diperingati Bulan Bahasa setiap tahunnya akan meningkatkan prestasi dibidang sastra dan bahasa. Seperti menulis syair, pementasan drama dan lain sebagainya.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk gunakan bahasa Indonesia  yang baik dan benar! Tetap cintai bahasa persatuan kita ya, yaitu bahasa Indonesia.

Google+