Candi Gondoarum, Candi yang Lebih Tua dari Candi Borobudur Ini Nyaris Tak Berbentuk Lagi

Jatenglive.com - (Purworejo) Candi gondoarum berada di area pegunungan menoreh yang berlokasi di dekat Goa Seplawan Purworejo. Goa Seplawan terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah. Dengan jarak tempuh  20 km ke arah timur dari pusat Kota Purworejo dengan ketinggian 700 mdpl sehingga udaranya sangat sejuk.

Candi Gondoarum saat ini nyaris tak berbentuk lagi, yang tersisa hanyalah bekas-bekas pondasi dasar candi yang sepintas terlihat mirip batu biasa yang berserakan, hanya saja yang membedakan adalah adanya beberapa guratan ukiran pada beberapa sisi batu yang bila dirangkai bisa saling berhubungan. Candi ini diduga lebih tua dari pada Candi Borobudur. Candi tua ini disebut Gondoarum karena waktu lingga yoninya diangkat, keluar semerbak bau harum, sehingga sampai sekarang tidak ada orang yang berani berbuat jelek di tempat ini karena dipercaya akan mendatangkan malapetaka bagi siapa saja yang berani berbuat keburukan di kawasan candi yang pertama kali ditemukan pada tanggal 28 Agustus 1979 ini.

Saat pertama kali ditemukan, di dalam salah satu lorong goa ditemukan sebuah arca sepasang dewa-dewi yang terbuat dari emas murni. Keberadaan patung sepasang dewa-dewi yang tak lain adalah Dewa Syiwa dan Dewi Parwati ( seberat 1,5 kg ) tersebut, menunjukkan kalau Goa Seplawan sebelumnya dijadikan sebagai tempat pemujaan.

Letak lingga yoni itu sendiri tepat di samping candi, dan sekarang telah dibuatkan satu cungkup sederhana untuk melindunginya dari terik panas dan hujan. Sebenarnya pihak museum berniat mengamankan benda itu. Namun masyarakat setempat menganggap jika ada penunggunya, dan penunggunya tidak mengijinkan, sehingga sampai sekarang batu yang merupakan simbol penyatuan kehidupan tersebut tetap dibiarkan di tempat semula.

Google+