Cara Mengakali Lebih Banyak Makan Buah Agar Gizi Seimbang

JATENGLIVE.COM – Buah merupakan salah satu gizi seimbang untuk makan empat sehat lima sempurna. Namun tidak jarang seringkali buah dikesampingkan untuk di konsumsi karena membuat perut kenyang. Lalu bagaimana ya agar kamu tetap mendapatkan gizi seimbang dengan makan buah?

Konsumsi buah lebih banyak untuk gizi seimbang

  1. Coba deh memperbanyak stok buah-buahan favorit kamu.
  2. Letakkan buah-buahan dan sayuran di meja atau di tempat yang mudah dan sering anda jumpai. Semakin sering dilihat, semakin besar kemungkinan kita untuk melahap buah-buahan tersebut.
  3. Mencoba buah baru. Lain kali pergi ke kios atau pasar buah, pilih buah yang berbeda dari hari kemarin. Pilihlah buah yang berwarna-warni agar Anda senang melihat dan melahapnya.
  4. Campurkan buah-buahan (dan sayuran) ke dalam makanan favorit. Misalnya mencampurkan pisang atau stroberi ke dalam yogurt atau sereal sarapan, atau tambahkan irisan stroberi atau bluberi ke dalam adonan panekuk atau sebagai topping
  5. Jika bosan makan buah langsung, Anda bisa mulai mengkreasikannya. Cobalah makan buah dengan cara dijus atau es loli (sorbet buah). Anda juga bisa meracik rujak dengan sambal kacang bikinan sendiri. Ingat, apapun kreasi buahnya, jangan tambahkan gula secara berlebihan.
  6. Jika bosan ngemil buah segar, coba buah kalengan atau buah beku. Buah-buahan kemasan ini masih memiliki manfaat yang sama dengan buah segar. Tapi ingat, perhatikan kandungan gulanya.
  7. Jangan ragu memilih buah kering. Buah yang dikeringkan seperti kismis, kurma, apricot, persik dan plum kering masih memiliki serat tinggi. Pengeringan ini akan mengurangi kandungan air pada buah yang justru meningkatkan proporsi vitamin dan nutrisinya.

kreasikan buah dengan makanan kesukaanmu

Nah begitulah bebera trik yang bisa kamu lakukan agar kecukupan gizi seimbang dari buah-buahan segar dapat kamu penuhi guys.

Google+