Empat Gunung Cantik di Jawa Tengah buat Pemula

Melihat golden sunrise ataupun lautan awan secara langsung dari puncak gunung, tentu menjadi pengalaman yang ingin dirasakan bagi setiap orang. Mendaki gunung bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Namun jangan khawatir, empat gunung di Jawa Tengah cocok buat kamu yang ingin baru mencoba mendaki gunung. 

       1. Gunung Telomoyo

Terletak diantara kabupaten Semarang dan Magelang. Dekat dengan kota Salatiga. Gunung Telomoyo dapat dilihat dengan jelas dari puncak Gunung Andong. Gunung Telomoyo memiliki ketinggian maksimal 1.894 mdpl. Dari puncak gunung ini kita bisa melihat gunung-gunung lain seperti gunung Andong, Ungaran, Merbabu, dan Sumbing. Keindahan Rawa Pening juga bisa dilihat dari puncak Telomoyo. 

       2. Gunung Andong

Gunung Andong tetap menarik untuk didaki karna memiliki pemandangan yang keren. Gunung ini sangat tepat didaki oleh para pendaki pemula karna tingginya hanya 1.726 mdpl. Gunung Merbabu akan terlihat begitu gagah dari puncak Gunung Andong. Pendakian Gunung Andong bisa dilakukan dari beberapa jalur. Yang paling terkenal adalah jalur Sawit di kecamatan Ngablak, Magelang

       3. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran juga merupakan gunung yang menjadi tujuan favorite para pendaki. Khususnya yang domosili di Semarang, Solo dan sekitarnya. Gunung ini sangat cocok untuk sekedar melakukan camping ceria. Gunung Ungaran memiliki tinggi maksimal 2.050 mdpl. Dari puncak Ungaran kita bisa melihat beberapa gunung lain termasuk Gunung Andong, Telomoyo, Merbabu, Merapi, Sumbing dan Sindoro

       4. Gunung Prau

Gunung Prau adalah salah satu gunung paling cantik di Jawa Tengah. Tinggi memang tidak sampai 3.000 mdpl, tapi pemandangan yang dihadirkan mampu membuat mulut jadi speechless karna kagum. Di Gunung Prau kita juga bisa menyaksikan keindahan bukit-bukit hijau yang juga sering disebut sebagai Bukit Teletubies. Gunung Prau berada di antara tiga kabupaten yakni Batang, Kendal dan Wonosobo. Jalur pendakian Gunung Prau paling umum adalah jalur Patak Banteng yang ada di kabupaten Wonosobo.

Walaupun trek pendakian gunung-gunung di atas tergolong mudah, kamu tetap harus jaga keselamatan yah! Dan paling penting, lakukan persiapan dan bekal yang cukup. Good Luck!

Google+