Jamur Truffle, Si Primadona Kuliner Mewah

JATENGLIVE.COM- Kamu pernah mendengar jamur termahal di dunia? Atau udah pernah nyobain? Ya, jamur termahal di dunia yang dimaksud tersebut jamur truffle. Harganya saat ini bisa mencapai Rp 30 juta per kilogram!

Penampilannya boleh saja tak menarik. Namun, nyatanya jamur ini menjadi primadona yang dihidangkan pada hidangan mewah. Saking mahalnya, jamur ini disebut sebagai 'permata dapur'. Mengapa mahal? Jawabannya sederhana: langka.

Ya,  faktor utama yang membuat jamur truffle ini sangat mahal adalah karena ia sangat sulit untuk ditanam. Pasalnya, jamur ini hanya bisa ditanam di hutan yang berlokasi di Italia Utara pada bulan September dan Desember saja. Jamur ini tumbuh dibawah tanah dekat dengan akar pohon oak. Uniknya, ketika satu waktu jamur itu ditemukan di sebuah tempat, tahun depan di tempat yang sama akan ditemui jamur itu juga. Selain itu jamur truffle juga bisa dimakan langsung, lho!

Jamur truffle ini tumbuh liar sehingga memiliki kulit luar yang tebal namun lembut. Kadang teksturnya menjadi kasar dan memiliki 2 warna hitam dan putih, tergantung dari jenisnya. Jamur ini memiliki aroma ‘earthy’ yang tajam dan unik, sehingga tak heran bila ia disukai dan dicari oleh banyak orang. Di hotel berbintang, untuk seporsi hidangan dengan irisan tipis jamur truffle saja kamu harus rela merogoh kocek sekitar Rp 1 juta! 

Google+