Jarum Pentul, si Mungil yang Bisa Berbahaya bagi Wanita Berjilbab

JATENGLIVE.COM- Kejadian yang dialami Anisa (14), gadis asal Sumedang yang tertelan jarum saat merapikan jilbab dapat menjadi pelajaran berharga bagi para pengguna hijab lainnya.

Menyelipkan jarum pentul di bibir biasanya dilakukan wanita berhijab ketika ingin membenarkan atau merapikan tatanan hijab. Untuk menghindari jarum pentul yang relatif berukuran kecil itu jatuh dan hilang, akhirnya menggigitnya di bibir menjadi pilihan yang sering dilakukan.

Nah, disinilah si jarum pentul ini bisa menjadi berbahaya dan berubah menjadi musuh. Ketika merapikan jilbab, terkadang wanita tidak sadar jika diajak bercakap-cakap. Kasus lainnya, si wanita tersenggol orang lain ketika jarum pentul masih di bibir.  Jarum pentul inipun dapat terhisap masuk ke dalam paru-paru (ke dalam bronkus) atau bila tersangkut lebih atas masuk ke trakea (batang tenggorokan).

Bila jarum pentul ini berada lama di saluran nafas (paru-paru/ tenggorokan) tentu dapat menyebabkan gangguan berupa rasa nyeri saat bernafas, jarum ini bisa berkarat sehingga timbul radang di paru-paru, tetanus dan yang terburuk mengakibatkan kematian.
Karenanya, jika terlanjur tertelan jarum pentul, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Dokter biasanya akan meminta dilakukan rontgen untuk mengetahui letak jarum pentul di tubuh. Jika jarum pentul ini ternyata tertelan ke dalam lambung/ saluran cerna diharapkan nantinya akan keluar bersama feses (kotoran). Pasien dianjurkan untuk banyak makanan berserat, sehingga diharapkan jarum pentul tersebut dapat keluar dengan terbungkus kotoran.

Masalah besar jika jarum pentul tersebut ternyata berada di jalan nafas, seperti yang dialami Anisa, untuk mengambil jarum pentul yang berada di jalan nafas atas (di tenggorokan/laring) dokter THT akan melakukan tindakan laringoskopi atau tindakan bronkoskopi tergantung posisi  jarum.  Semua tindakan ini biasanya dikerjakan dalam pembiusan umum. Pada beberapa kasus tertentu dimana jarum pentul ini tidak dapat diambil dengan tindakan bronkoskopi maka bila perlu akan dilakukan pembedahan thoraks oleh dokter spesialis bedah thoraks.

Nah, sudah tahu kan bahaya yang mungkin dapat disebabkan oleh si mungil jarum pentul? Lebih hati-hati lagi ya! Tinggalkan kebiasaan buruk menjepit jarum pentul di bibir saat sedang berdandan.

Google+