Jepara Surga Air Terjun

JATENGLIVE.COM – Jumat? Wah udah mau akhir pekan nih. Udah ada rencana belum buat hangout kemana? Mall kah? Nggak bosan? Cobain deh wisata alam di Jepara yang menyenangkan. Nggak kalah seru kok sama pusat perbelanjaan (buat para ladies).

1. Air Terjun Songgo Langit

air terjun songgolangit

telusurindonesia.com

Air terjun ini dinamakan Songgolangit, karena jika kita memang air terjun ini dari bawah, maka posisi tebing nya seolah menyangga langit yang ada diatas. Air terjun ini memiliki ketinggian 80 meter dengan lebar 2 meter dilengkapi kolam air penampungnya yang memiliki kedalaman 3 meter. Di sekitar air terjun ini Anda dapat melihat banyak kupu-kupu indah berwarna-warni. Namun bagi penunjung yang ingin berenang, sebaiknya untuk tetap waspada karena terdapat palung laut sedalam 8 meter yang beresiko untuk terseret kedalamnya. Air terjun ini berada di Dukuh Ngelencer, Desa Bucu, Kecamatan Kembang, terletak kurang lebih 30 kilomater dari pusat kota Jepara. 

2. Air Terjun Jurang Nganten

air terjun jurang nganten

2.blogspot.com

Air Terjun Jurang Nganten memiliki cerita panjang yang memilukan dalam pemberian namanya. Jurang Nganten berasal dari bahasa Jawa, jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Tebing/Jurang Pengantin. Jadi ceritanya, zaman dahulu ada sepasang kekasih yang tidak direstui orang tuanya namun mereka tetap ngeyel melangsungkan pernikahan. Saat itu mereka naik kereta yang ditarik kerbau, sesampainya di lokasi ini kereta tersebut terperosok ke dalam jurang. Singkat cerita daerah tempat jatuhnya sepasang pengantin baru tersebut dinamakan Air Terjun Jurang Nganten. Kisahnya memang tragis tetapi pemandangan di sekitar air terjun ini malah sangat romantis. Air Terjun Jurang Nganten berada di desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara. 

3. Air Terjun Nongko Pace

air terjun nongko pace

sumber foto : upload.wikimedia.org.com

Air Terjun Nongko Pace lebih tinggi ketimbang Air Terjun Jurang Nganten atau bahkan Songgo Langit. Air terjun ini masih sangat privat, belum banyak traveler yang mengendus keberadaannya. Sedangkan untuk mencapai lokasi siap-siap untuk trekking karena jalannya yang terjal dan cukup ekstrim yang ditempuh selama 2 jam. Lokasi tepatnya berada di Desa Sumosari, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara.

4. Air Terjun Sumenep

air terjun sumenep

i.ytimg.com

Masih di Kecamatan yang sama yaitu Batealit, tepatnya terletak disebelah selatan objek wisata Wono Pinus Setro yaitu Air Terjun Sumenep. Air terjun ini bertingkat tiga dan belum terlalu banyak manusia yang menjamah tempat ini. Namun tetap aman kok guys. Sekitar 40 menit waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke air terjun ini.

5. Air Terjun Dung Paso

air terjun dung poso

upload.wikimedia.org.com

Air terjun tersembunyi yang mulai menjadi perbincangan traveler di Jepara saat ini adalah Air Terjun Dung Paso. Lokasinya tersembunyi di dalam dukuh Kedawung, desa Somosari, kecamatan Batealit. Lokasinya tidak jauh dari air terjun lainnya yang sudah lebih populer seperti Air Terjun banyu Anjlok dan Air Terjun Nongko Pace. Debit airnya memang tidak terlalu besar namun cukup untuk memuaskan rasa penasaran apalagi suasananya masih sangat alami.

Berikut adalah beberapa dari banyaknya air terjun di Jepara ya. Selebihnya masih banyak banget air terjun di Jepara yang nggak kalah eksotis!  

sumber foto : piknikasik.com

Google+