Kata Mereka tentang Sumpah Pemuda

JATENGLIVE.COM - Jelang Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap 28 Oktober, berbagai pendapat  dan harapan disampaikan para mahasiswa di Jawa Tengah.

Cicilia Sinabariba, mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Diponegoro (Undip) berpendapat, hari sumpah dapat menjadi pendorong untuk mengembalikan semangat pemuda yang dahulu rela berkumpul dari penjuru daerah untuk berjuang bersama demi Indonesia.

“Pemuda harus lebih kritis dan aktif, merayakan perbedaan dan meninggalkan ego masing-masing seperti para pemuda dulu yang rela meninggalkan jiwa kedaerahan mereka demi Indonesia”, kata mahasiswa angkatan 2014 ini, Jumat (27/10/2017).

Cicilia juga berpendapat dengan kemajuan teknologi saat ini justru semangat persatuan harusnya bisa lebih kuat.

Alfiyan Ade Saputra, mahasiswa Jurusan Olahraga, Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) berharap pemuda dapat menjalani melakukan sesuatu yang baik bagi kemajuan bangsa.

”Semoga pemuda pemudi di zaman yang akan datang bisa jauh lebih baik lagi, baik dalam hal pendidikan pergaulan dan masa depan. Karna salah satu pendorong majunya suatu negara ada faktor do something dari pemuda untuk negaranya”, ujar Alfiyan.

Selanjutnya, Wahid Nugroho, Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) berpendapat, sumpah pemuda bukan hanya sekedar kata-kata, tetapi juga tindakan nyata melalui berbagai bentuk kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara.

"Pemuda harus melakukan tindakan nyata, tidak hanya menyuarakan pendapat di sosial media tapi juga terjun langsung ke berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat", tutur mahasiswa yang berasal dari Ungaran ini.

 

Google+