Keindahan Goa Tembus Pracimantoro yang Memanjakan Mata

Apa yang terlintas di pikiran kalian jika mendengar kata Wonogiri? Apakah kuliner baksonya yang menggoda? Atau kotanya yang sejuk karena dikelilingi oleh perbukitan? Jika itu yang ada dipikiran kalian, tentunya tidak salah! Tapi, apakah kalian tau jika di Wonogiri juga terdapat beberapa goa yang indah dan cantik? Salah satunya adalah Goa Tembus Pracimantoro!

Mungkin bagi kalian nama goa ini cukup asing. Goa yang terletak di sebelah barat Museum Karst di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro ini ditemukan oleh warga sekitar tahun 2011. Tidak butuh waktu lama untuk memasuki kompleks Museum Karst dan Goa Tembus. Jika berkendara dari pusat  kota Kecamatan Pracimantoro, pengunjung hanya perlu berkendara 15-20 menit ke arah barat. Sedangkan jika perjalanan dimulai dari pusat kota Kabupaten Wonogiri, perjalanan mungkin membutuhkan waktu lebih dari sejam. Goa Tembus berada di depan Museum Karst, letak persisnya berada di bukit yang lebih tinggi sehingga dari goa ini  pengunjung bisa melihat pemandangan seputar museum dengan jelas.

Panjang Goa Tembus ini sekitar 120 meter – 200 meter dengan lebar bagian tengah goa lebih dari lima meter dan tingginya yang bisa mencapai hingga 7 meter. Goa Tembus ini berbeda dari goa yang lain karena pada Goa Tembus sudah tidak ada lagi tetesan air yang menetes dari atas goa. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kelompok ilmiah ahli geomorfologi untuk meneliti Goa Tembus! Jadi, selain berwisata kalian juga bisa mendapatkan pengetahuan yang baru! Jika kalian pergi ke Wonogiri jangan lupa mampir ke Goa Tembus Pracimantoro ya!

Google+