Kemolekan “Savana” Di Pantai Baruna Semarang

Jatenglive.com, Semarang – Menilik pantai di Kota Semarang, pasti langsung terlintas nama Pantai Marina dibenak masyarakat sekitar karena telah dikenal secara meluas dan mendapatkan penanganan yang sangat baik oleh pihak pemerintah.

Ternyata, baru-baru ini ada satu pantai lagi di Semarang yang menjadi hits lantaran hamparan padang ilalangnya yang sangat instagramable banget tentunya. Selain itu angin di pantai ini pun juga menyejukkan lho. Apalagi ditambah dengan pemandangan sunset di sore hari. Penasaran kan pantai apakah itu? Yap, Pantai Baruna namanya.

Mungkin sebagian besar kalangan yang mendengar sedikit asing dengan nama pantai ini. Namun jangan salah yaa, pantai nan cantik yang begitu lama terabaikan ini, sekarang telah menjadi tempat foto yang lagi ngehits di kalangan anak muda di Semarang.

Pantai yang berlokasi di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas ini memiliki jalan ekstrem yang harus ditempuh cukup jauh. Tapi seperti kata orang bijak, di setiap kemauan pasti ada jalan, jadi meskipun jalan menuju Pantai Baruna ini sulit untuk dilalui, namun jika ada kemauan gigih dari kita untuk melaluinya, pasti akan terbayar sesampainya di pantai Baruna, begitu juga saat melihat hamparan ilalang yang sedang bergoyang diterpa hembusan angin laut, sangat menakjubkan!

Memang sih, Pantai Baruna tidak setenar Pantai Marina ataupun Maron. Namun, walaupun belum ada pengelolaan dengan baik, pantai baruna telah menjadi idola masyarakat sekitar karena keindahannya yang tak kalah lho, bahkan terbilang melebihi pantai-pantai lainnya di Semarang. Karena saat senja tiba, pantai ini memiliki pemandangan yang memukau, ada perpaduan keindahan dari laut, pantai, ilalang, pohon, batu dan langit.

Untuk mengintip kemolekan Pantai Baruna, tim Jatenglive mulai menyusuri jalan Arteri Yos Sudarso hingga kami menemukan gapura ala Bali di sisi kiri jalan. Nah, jika kalian ingin menikmati desiran ombak dan semilirnya angin baruna tak perlu cemas apabila salah jalan, karena di gapura bergaya Bali tersebut ada petugas yang siap memberikan petunjuk arah untuk dilalui menuju pantai baruna.

Tak perlu khawatir mengeluarkan budget banyak yaa, karena kalian cukup merogoh kocek Rp 3.000,00,- saja untuk menikmati udara segar serta lengkap dengan pemandangan yang tentunya cocok banget bagi kalian yang “instagramable”.

Saat tim jatenglive sampai di tepi pantai kami bertemu dengan Mita Apriliani, si cantik yang sedang memburu pemandangan ilalang bersama kawan-kawannya itu sedang asyik foto bersama di baruna, pasalnya Mita tahu tempat itu dari instagram. Karena penasaran sekaligus ingin melepas penat, akhirnya Mita memutuskan ke pantai baruna sore itu.

Selain Mita, Digna Rizky yang menjadi pengunjung pantai baruna sore itu juga menyayangkan jika tempat yang cantik ini tidak dikelola dengan baik. “Dari akses masuknya, awalnya sih ragu, karena jalannya berdebu dan masuknya jauh, lagipula jalannya kumuh rasanya pengen muter balik aja, tapi waktu udah lihat ilalangnya langsung deh terpesona”, tutur Digna.

“Tempatnya bagus banget kok, apalagi ilalang sama batu segitiga pemecah ombaknya, cocok banget deh buat ngisi foto instagram. Tapi sayang, tempat ini kurang diperhatikan dan dikelola dengan baik. Andai pantai baruna dirawat dengan baik, pasti bakalan jadi tempat wisata ter-populer ngalahin marina deh”, imbuhnya lagi dengan nada gemas. (4/9)

Dengan banyaknya masyarakat yang berkunjung di pantai baruna, tim jatenglive berharap untuk kedepannya pihak pemerintah dapat memperhatikan dan mengelola tempat yang terabaikan ini. Besar kemungkinan apabila dikembangkan kedepannya dapat menjadi wisata baru di Semarang karena memiliki potensi yang luar biasa indahnya. 

Liburan tanpa harus mengeluarkan banyak dana? Atau ingin foto instagrammu terlihat keren? Coba mampir ke Pantai Baruna deh . Dijamin asyik dan seru lhooo...

Google+