Kuliner Khas Magelang Yang Menggiurkan

JATENGLIVE.COM – Jalan-jalan ke Kota Magelang tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kudapan khas Magelang. Kamu pasti akan tergiur menjelajahi kuliner khas Magelang yang menggoyang lidah. Nah berikut ini makanan khas Magelang yang rasanya sulit untuk dilupakan tapi tak sesulit melupakan mantan kok guys hehe.

1. Nasi Goreng Magelangan

Dilansir dari makananoleholeh.com nasi goreng magelangan disajikan bersama menu yang tak biasa, yakni mie basah dan balungan atau tulang ayam. Untuk cita rasanya, makanan khas Magelang ini sangat gurih karena dicampur dengan kuah kaldu ayam saat memasaknya. Selain itu, ada juga yang unik dari nasi goreng magelangan yakni tidak dimasak menggunakan kompor gas melainkan tungku arang. Jika kamu mau mencobanya, nasi goreng magelangan dijual mulai harga Rp12.000an, sangat terjangkau, bukan? Buat kamu anak kuliahan tentu tidak asing dengan nasi goreng magelangan, karena  biasanya warung makan sederhana ‘burjo’ menyediakan menu ini dan dengan campuran mie instan indomie yang menambah kenikmatan pada nasi goreng magelangan ala anak kuliahan tentunya.

2. Sup Serenek

Jika mendengar namanya cukup nyeleneh bukan? Ya, kuliner yang stau ini konon mendapat pengaruh dari kolonial Belanda lho guys. Sekilas sup serenek ini tidak begitu berbeda dari sup pada umumnya, uniknya sup ini ditambahkan bayam dan kacang merah diatasnya. Nama lain sup serenek ini adalah sup kacang merah guys.  

3. Getuk Trio

Getuk merupakan jajanan tradisional masyarakat Jawa. Hingga saat ini eksistensinya masih dapat ditemui di daerah Jawa khususnya Jawa Tengah. tak lain Magelang yang memiliki ikon getuk yang terkenal yaitu Getuk Trio. Kemasannya yang menarik menjadikan jajanan ini begitu dicari oleh pengunjung di pusat oleh-oleh Magelang tentunya. Getuk Trio dibungkus dengan besek yang merupakan wadah dari anyaman bambu dan memiliki tiga lapis warna yaitu merah muda, putih, dan cokelat. Klasik banget bukan bentuknya?

4. Sego Godog

Dalam bahasa Jawa sego artinya nasi dan godog adalah rebus, jadi sudah dapat ditebak sego godog merupakan nasi putih yang direbus. Sego godog menjadi menu favorit di Magelang karena sebagai alternatif jika bosan makan nasi putih. Rasanya gurih dan bergizi tentunya karena dicampur dengan sayur-mayur dan lauk-pauk.  

5. Grubi

Grubi ini merupakan jajanan yang memiliki rasa manis dan gulungan stik berwarna cokelat. Kalau anak sekolahan tahun 70an hingga 90an pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Dulu setiap warung pasti menjajakan jajanan khas Magelang yang satu ini. Namun saat ini grubi sudah jarang ditemui. Namun jika kamu berkunjung ke Magelang kamu akan tetap menemukan jajanan manis ini tentunya. Harganya sangat murah dan dapat kamu nikmati dengan gerombolan teman-teman yaa tentunya.

Nah itulah kuliner khas Magelang yang menggiurkan ya. Selamat mencoba!

Google+