Kuliner Khas Wonosobo Yang Patut Di Cicipi

JATENGLIVE.COM – Jika kamu berkunjung ke Wonosobo yang terkenal dengan obyek wisata Dieng, maka tidak ada salahnya untuk mencicipi makanan kuliner khas Wonosobo. Wonosobo terkenal dengan makanan-makanan ini yang bisa saja kamu temui di pusat oleh-oleh maupun tempat wisata di wonosobo.

Nah berikut ini adalah beberapa kuliner khas Wonosobo yang patut banget kamu cicipi jika menginjakkan kaki di datarang tinggi wonosobo.

Keripik Jamur

Wonosobo terkenal dengan nproduksi jamur dengan berbagai jenis jamur. Dilansir dari ikiwonosobomas.com zaman dulu masyarakat Dataran Tinggi Dieng – Wonosobo, memanfaatkan Jamur sebagai bahan makanan basah atau makanan kaleng. Seiring jalannya waktu,  inovasi di dunia kuliner semakin berkembang sehingga masyarakat mengolah jamur menjadi keripik. Sampai saat ini Keripik Jamur lebih digemari dikalangan masyarakat setempat maupun wisatawan.

Manisan Carica

Nah manisan carica ini terbuat dari buah carica. Buah carica ini serupa dengan buah pepaya ya guys. Jadi jangan bingung membayankan buah yang satu ini hehe. Kalau dilihat buah carica ini memang memiliki tekstur serupa dengan buah pepaya. Manisan carica mudah kamu temukan disepanjang rute perjalanan Wonosobo maupun daerah wisata di Wonosobo guys. Karena berupa manisan, manisan carica ini sangat manis. Jadi buat kamu yang tidak terlalu suka manis, kamu bisa menambahkan es batu untuk mengurangi rasa manis dan menjadikan manisan carica lebih segar guys.

Mie Ongklok

Kalau makanan yang satu ini unik banget nih rasanya. Yups mie ongklok khas Wonosobo! Bakmie khas Wonosobo ini berkuah kental berbahan kanji dengan campuran kol dan potongan daun kucai. Kuahnya terlihat “butek” atau keruh dan sangat kental seperti jeli. Dilansir dari ikiwonosobomas.com ongklok, sebenarnya adalah nama alat bantu untuk merebus mi. Semacam keranjang kecil dari anyaman bambu yang dipakai untuk membantu perebusan mi. Penggunaan alat bantu ini khas daerah setempat sehingga diberikanlah nama mi rebus ini sesuai dengan alat tersebut.

Kacang Dieng

Kacang dieng merupakan jenis tanaman kacang-kacangan yang tumbuh di dataran tinggi. Bentuknya pun berbeda dari kacang pada umumnya yang mana kacang dieng ini memiliki bentuk yang lebar dan warna hitam di tengahnya. Bentuknya hampir menyerupai kacang koro.

Dendeng Gepuk

Dendeng gepuk mungkin banyak di temukan di daerah lain. Namun dendeng gepuk di Wonosobo ini memiliki makanan pendamping yaitu dengan nasi putih. Dendeng gepuk Wonosobo ini mudah ditemukan di pusat oleh-oleh maupunn di tempat wisata daerah Wonosobo.

Google+