Kupat Glabed, Makanan Khas Tegal yang Bikin Kamu Ketagihan

JATENGLIVE.COM, Tegal - Bagi orang luar Tegal, kota ini dikenal dengan warteg dan makanannya yang relatif murah. Makanan warteg atau warung tegal ini memang memanjakan masyarakat dengan aneka rasa masakan ala rumah. Warteg ini sudah tersebar di banyak daerah di Indonesia, terutama di Jakarta. Namun tahukah kamu kalau Tegal memiliki kuliner yang begitu memanjakan lidah selain masakan khas di warteg? Ya, Tegal memiliki kuliner khas yang rasanya enak, lezat dan murah. Salah satunya adalah Kupat Glabed. 

Nama yang cukup unik ini memiliki kesan tersendiri bagi penikmatnya. Nama "glabed" ini menggambarkan kuahnya yang kental dan merupakan ucapan orang Tegal untuk mengekspresikan kuah yang kental "glabed - glabed". Kupat Glabed ini sangat cocok dipasangkan dengan sate blengong (sate yang terbuat dari daging peranakan mentok dan bebek) akan semakin membuat lidah kamu bergoyang.

Gambaran paket komplit dari tampilan kupat glabed ini adalah ketupatnya yang dipotong - potong dengan ukuran yang agak besar, lalu disiran dengan kuah glabed yang kaya akan rempah - rempah alami yang menyedapkan. Tambahan bawang goreng dan kerupuk mie kuning yang di remas semakin menambah kenikmatan dari Kupat Glabed ini.

Salah satu tempat strategis untuk mencicipi kupat glabed ini adalah Alun - alun Kota Tegal. Tapi kamu juga bisa menemukannya di dekat stasiun kota Tegal. Daerah lain yang menyajikan makanan khas ini berada di daerah Tegalsari dan Jalan Kapten Sudibyo. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dimulai dengan harga Rp 6.000,00 kamu sudah dapat menikmati kelezatan Kupat Glabed ini. Jadi, jika kamu berkunjung ke Tegal sempatkanlah untuk makan kupat glabed ya!

Google+