Lezatnya Nasi Megono, Makanan Tradisional Khas Pekalongan

JATENGLIVE.COM, Pekalongan – Kalau selama ini Pekalongan dikenal sebagai Kota Batik, tapi siapa sangka kalau Pekalongan menyimpan kuliner yang begitu melegenda? Ya, kuliner tersebut adalah Nasi Megono. Nasi megono ini merupakan makanan khas Pekalongan yang konon katanya begitu lezat dan akan bikin ketagihan! Pernahkah kalian mencobanya?

Bagi yang belum pernah mencobanya, nasi megono adalah nasi putih biasa yang disajikan bersama dengan olahan nangka muda yang disebut megono. Bahan bakunya sama dengan gudeg, namun cara mengolahnya berbeda. Untuk membuat megono, nangka muda dicacah atau dicincang kasar menjadi potongan-potongan kecil. Bahan pelengkap yang tak kalah penting adalah parutan kelapa muda. Nangka muda dan parutan tersebut lantas dikukus bersama dengan aneka bumbu dapur yang sudah dihaluskan. Bumbu halusnya antara lain bawang putih, bawang merah, cabai merah, ketumbar, merica, kemiri, dan lengkuas. Selain itu, ditambahkan pula daun salam, serai, dan bunga kecombrang.

Setelah matang, nangka muda, parutan kelapa, beserta bumbunya dicampur hingga semua merata dan disajikan di atas nasi. Sekilas memang mirip dengan urap sayuran, tapi yang ini hanya menggunakan nangka muda. Konsep megono ini sebenarnya cukup sederhana. Rasanya yang gurih akan menjadi pelengkap yang sempurna untuk nasi yang cenderung hambar.

Nah semakin penasaran bukan untuk mencicipinya? Jika kalian berkunjung ke Pekalongan, jangan lupakan makanan yang satu ini ya! Kalian tenang aja, harga yang ditawarkan cukup terjangkau kok. Mulai dari Rp 6.000,00 sampai Rp 15.000,00 kalian sudah bisa mencicipi nasi megono yang lezat ini. Kalian tidak usah khawatir, warung – warung yang menjual nasi megono ini sudah buka sejak pukul 06.00 WIB dan tersebar di banyak tempat di Pekalongan, terutama di Jalan Manggis, Lapangan Sorogenen. Selamat mencoba yaaa guys!

Google+