Mangut Lele, Kuliner Langka nan Hot!

Jika biasanya ikan mangut dibuat dari ikan kakap dan ikan pari, lain halnya dengan mangut di Pantura Kendal ini.

Banyak orang sudah pernah merasakan nikmatnya makan mangut. Tapi, tidak semua orang pernah menikmati mangut lele.  Sebab, makanan khas Pantura Kendal ini, jarang dijumpai di warung makan pada umumnya. Sensasi khas olahan mangut ikan lele sangat lezat dan juga menggoda, sehingga tak heran jika olahan yang satu ini menjadi makanan langka yang cukup memiliki banyak penggemar.

Dilansir dari Travel.kompas.com, salah satu rekomendasi warung makan yang menyediakan mangut Lele adalah warung makan mas Farchat, yang ada di Pantura Kaliwungu Kendal. Harganya, sangat terjangkau. Satu porsi berisi 2 ekor lele, hanya Rp 12.000.

Menurut Farchat, untuk memasak mangut lele, seperti halnya membuat mangut pada umumnya. Tapi, ada bumbu khusus untuk penyedap, yang dijadikan rahasia olehnya. Sehingga, ada yang membedakan antara makanan mangut lele milik warung makan Farchat dengan warung makan lainnya.

"Saya kira semua masakan yang dijual di warung, pasti ada bumbu khusus yang dibuat oleh penjualnya dan itu menjadi rahasia. Sebab bumbu itu, yang membedakan rasanya," jelasnya.

Penyuka mangut lele, Any Faiqoh (35) asal Rembang, mengaku selalu membeli mangut lele di rumah makan Farchat, bila lewat ke Kaliwungu. Sebab mempunyai rasa yang khas.

“Saya memang suka makanan pedas. Jadi sangat pas dengan mangut lele ini,” katanya.

Ia menambahkan, setelah makan mangut lele, keringatnya keluar. Hal ini membuatnya menjadi segar dan bersemangat melakukan aktifitas. “Kan kalau makan pedas, kita jadi tidak ngantuk,” candanya.

 

Google+