Mencintai Alam dengan Kegiatan Sosial Bersama HIMPS

JATENGLIVE.COM – Telah dilaksanakan kegiatan Mature 2017 pada Sabtu, 28 Oktober 2017 yang dinaungi oleh UKM-F HIMPS (Himpunan Mahasiswa Peduli Sosial) yang bertempat di Magelang. Mature merupakan singkatan dari “Move with Art, Culture, and Nature”. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Divisi Seni dan Budaya yang diketuai oleh Dwiki Adnan Fuadi. Sebanyak 68 peserta yang mengikuti kegiatan ini. Mature sendiri sudah berjalan selama empat tahun terakhir.

Membawa konsep yang menarik dengan menggabungkan alam, seni dan sosial menjadi ciri khas tersendiri dari kegiatan ini. Tahun ini Mature mengangkat tema “Social Action to Love Culture and Nature”, sebuah tema yang mengajak kita untuk berbagi kepada sesama dengan cara yang berbeda. Selain melakukan kegiatan sosial pada umumnya, pada Mature ini kita juga diajak untuk mencintai alam dan budaya.

Kegiatan pertama yang dilakukan adalah melakukan kunjungan ke Panti Sosial Marsudi Putra Antasena. Panti Sosial Marsudi Putra Antasena adalah panti sosial yang memberikan bimbingan, pelayanan dan rehabilitasi sosial yang bersifat preventif, kuratif, rehabilitatif, promosi dalam bentuk bimbingan fisik, mental, sosial dan pelatihan keterampilan, resosialitasi serta bimbingan lanjut bagi anak yang berperilaku menyimpang agar mampu mandiri dan berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat serta pengkajian dan penyiapan standar pelayanan dan rujukan. Selain memberikan pendampingan di panti, PSMP Antasena juga melakukan penjangkauan di luar panti sebagai kegiatan preventif atau pencegahan. Tentunya, anak-anak yang dijangkau di luar panti belum tentu semuanya dalam tataran pelaku tindak pidana. Penjangkauan dipilih di lokasi yang berpotensi anak melakukan tindak pidana.

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke X Gono Tubing dan Balkondes Wanurejo. X Gono Tubing Adventure  terletak di Desa Treko, Kecamatan Mungkid, Magelang. Disana kamu bisa merasakan bermain tubing di aliran kali gono dengan lintasan sepanjang 2000m. Kalian bisa menikmati derasnya air dengan memutar dan melintasi desa yang berkelok sambil melewati hijaunya pohon dan bamboo.

Sedangkan Balkondes atau singkatan dari Bale Ekonomi Desa merupakan sebuah tempat destinasi wisata yang berbentuk Bangunan khas Joglo Jawa, dimana yang memberikan nuansa berbeda saat berada di tempat ini. Dari Joglo tersebut bisa menyaksikan panorama alam yang menawan, bentangan persawahan hijau nan asri dengan background lereng bukit, menjadikan Balkondes ini sangat indah dan sejuk. Selain panorama alam yang indah, di Balkondes Wanurejo tersebut, anda dapat melihat sajian beragam kesenian dan budaya, Seperti tari-tarian tradisional, alunan musik tradisional gamelan, dan membatik yang pasti akan memberikan kesan tradisional. Menarik bukan? Selain mendapatkan pahala, kamu juga mendapatkan pengalaman yang bermanfaat! Jadi jangan sampai melewatkan Mature tahun depan ya! 

Google+