Mengapa Pakai Akun Palsu? Ini Penjelasannya!

JATENGLIVE.COM Di zaman serba klik saat ini, siapa yang tidak punya sosial media? Perkembangan sosial media nyatanya juga diikuti oleh tren fake account, akun samaran atau akun palsu.  Secara umum, pengertian fake account ini merujuk pada akun yang tidak menggunakan data dan identitas asli si pemilik akun. Data-data yang di gunakan meliputi nama, foto, alamat dan lain-lain. Fake akun tersebut sering dijunpai Twitter, Facebook, Instagram, layanan Chat, dan akun media sosial lainnya. Nah, apa saja ya motif penggunaan fake account ini?

 

1. Memantau kegiatan orang lain (stalking) di sosial media. Kamu suka kepo akun mantan pake fake account? Jika ya, motif inilah yang mendasari kamu. Bagi sebagian orang, memantau kegiatan orang lain di sosial media akan terasa lebih aman jika menggunakan fake account karena mengurangi resiko ketahuan.

 

2. Dibuat untuk tujuan bisnis. Kamu follow Lambe Turah? Lambe Nyinyir? Atau Lambe lainnya? Jika iya, pemalsu akun jenis ini sebenarnya juga berorientasi pada bisnis. Online shop yang tidak jelas identitas owner dan kontaknya juga bisa dikategorikan sebagai akun palsu. Pemalsu akun jenis ini biasanya adalah pelaku yang sudah memiliki pengetahuan lebih di bidang internet marketing (IM). Akun palsu jenis ini menjadi akun multi atau multi fungsi, mengingat akun ini dapat dijadikan media promosi link affiliasi, link tersembunyi yang dipendekan, promosi website atau blog (situs) dan lain sebagainya.

 

3. Dibuat untuk kesenangan, hiburan atau kepuasan batin. Jenis akun ini di buat oleh para pelaku hanya untuk kepuasan diri secara pribadi dan dijadikan sebagai akun pelepas amarah, kesenangan, kenakalan dan sebagainya. Akun jenis ini biasanya mudah ditemui di kolom komentar akun selebritis yang terkadang senang menyebar hate speech.

 

4. Dibuat untuk mengarahkan opini publik. Diarahkan atau digiring berdasarkan ideologi dan ambisi pembuat akun palsu. Jenis akun ini biasanya di buat oleh kelompok, organisasi atau individu yang memiliki kepentingan politik tertentu dan bertujuan untuk menggiring opini publik agar mengikuti ideologi politik tertentu.

Nah itu dia 4 motif penggunaan akun palsu, kamu yang mana?

 

Google+