Menikmati Indahnya Wonosobo, Negeri Sejuta Pesona dan Budaya

Jatenglive.com - (Wonosobo) Jika mendengar nama Wonosobo, pastinya Anda akan langsung teringat dengan dataran tinggi Dieng yang terkenal dengan keindahan panorama dan hawanya yang sejuk nan menyegarkan.Terletak di jantung Provinsi Jawa Tengah, Wonosobo merupakan kabupaten dengan pemandangan pegunungan yang indah karena diapit dua gunung muda yang masih aktif, yakni Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dengan tinggi lebih dari 3000 mdpl.

Letaknya yang strategis dan berada di daerah pegunungan membuat Wonosobo menjadi kabupaten dengan potensi ekonomi, wisata, dan pertanian yang begitu besar dengan tanahnya yang subur dan terjaga kelestariannya. Potensi wisata yang lengkap seperti wisata alam, religi, budaya, kuliner, wisata buatan hingga wisata minat khusus, membuat julukan kota wisata sangat melekat pada Kabupaten Wonosobo yang pada tahun 2017 ini berusia 192 tahun. Jangan heran jika Wonosobo termasuk urutan 3 tiga terbanyak yang dikunjungi wisatawan mancanegara. Wonosobo juga dianggap menjadi destinasi selanjutnya bagi wisatawan usai berkunjung dari Borobudur karena letaknya yang mudah dijangkau dan didukung sarana dan prasana yang memadai.

Di sisi lain, Wonosobo juga terkenal dengan hasil pertanian dan perkebunannya. Mulai dari perkebunan teh yang berkembang menjadi Agrowisata Tambi, kopi Arabica khas Wonosobo serta  berbagai hasil sayuran, buah-buahan, rempah-rempah dan produk holtikultura lainnya. Dari tahun ke tahun produksi untuk dalam dan luar negeri selalu mengalami peningkatan. Letaknya yang strategis, berada di daerah pegunungan membuat Wonosobo menjadi kabupaten dengan potensi investasi dan wisata yang besar.

Pengembangan seni dan budaya menjadi harga mati Wonosobo. Karena sebuah daerah tanpa seni dan budaya ibarat tubuh tanpa roh. Salah satu kesenian tari yang adalah terkenal Tari Lengger. Uniknya, setiap kecamatan di Wonosobo juga memiliki kesenian yang bervariasi. Wonosobo juga memiliki acara tahunan festival seni dan budaya yang terkenal, yakni ritual cukur rambut gembel.

  • Daftar wisata unggulan yang bisa dinikmati wisatawan lokal dan mancanegara:
  • Wisata Alam: Dataran Tinggi Dieng
  • Wisata Religi: Wisata Ziarah Makam Syeh Tumenggung Jogonegoro, Wisata Ziarah Makam KH. Muntaha/situs Dero Nduwur, Taman Rohani Hati Kudus
  • Wisata Minat Khusus: Arung Jeram Serayu, Out Bond dan Tea Walk, Pendakian Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing
  • Wisata Buatan: Situs Ondho Budho, Pusat Rekreasi dan Olah Raga Kalianget, Dieng Plateau Theatre
  • Wisata Kuliner: Mie Ongklok, Tempe Kemul, Geblek, Keripik Jamur, Purwaceng Tumbuh, Carica
  • Wisata Seni dan Budaya: Tari Lengger, Tari Emblek (kuda lumping), Ruwatan Rambut Gembel

Wonosobo, negeri sejuta pesona, potensi dan keunggulan yang patut dikembangkan dan dilestarikan hingga dunia internasional.

Google+