Menikmati Makanan Khas Grobogan Dengan Cita Rasa Yang Unik Nan Sedap

Jatenglive.com - Kabupaten Grobogan dengan ibukotanya Purwodadi memiliki kuliner khas yang beragam. Beraneka makanan khas Grobogan dengan cita rasa yang unik dan enak hadir di kabupaten terluas kedua setelah Kabupaten Cilacap. Selain memiliki banyak wilayah destinasi wisata, seperti Api Abadi Merapen, Bledug Kuwu dan Waduk Kedung Ombo, Grobogan juga memiliki kuliner khas yang sangat unik. Berikut ini kuliner unik khas Grobogan yang wajib Anda cicipi ketika sedang berlibur ke Grobogan :

 

1. Swike

Bagi wisatawan yang mengunjungi daerah Jawa Tengah, khususnya di Semarang dan Demak, biasanya menyempatkan diri mengunjungi warung pinggir jalan yang menyediakan Swike. Di Grobogan terdapat banyak sekali warung makan ini, apalagi jika anda melewati jalur Tegowanu-Gubug, anda akan di suguhi rentetan warung Swike di pinggiran jalan. Kuliner melegenda sejak zaman nenek moyang ini berbahan dasar Katak hijau (Katak sawah) ini disajikan dalam beberapa menu, seperti Swike kuah merica pedas, Swike Bacem, Swike goreng, pepes telur Swike dan kerupuk kulit swike.

 

2. Nasi Jagung dan Sambel Gereh

Nasi Jagung memang menjadi kuliner khas Purwodadi Grobogan sejak zaman dahulu. Karena komoditi pertanian di wilayah Grobogan memang penghasil Jagung terbesar, jadi layak dijadikan bahan makanan setelah nasi. Pembuatan Nasi Jagung tidak asal memakai jagung biasa, namun jagung pilihan yang sudah tua (jagung pipil). Nasi Jagung biasanya kurang lengkap jika hanya dimakan sendirian, masyarakat melengkapinya dengan lauk Sambel Gereh (ikan asin) yang digoreng. Gereh ini biasanya ditumis bersama potongan cabe merah/ cabe hijau supaya menambah kenikmatan saat menyantap Nasi Jagung.

 

3. Sego Pecel Gambrengan

Sego Pecel Gambrengan atau disingkat SPG merupakan makanan khas dari daerah Gambrengan Purwodadi. Kuliner ini banyak disajikan di Stasiun Gambrengan, sehingga dikenal dan terkenal dengan nama Sego Pecel Gambrengan. Rasa Sego Pecel Gambringan cukup khas, yakni pedas,aroma kacang juga otentik tanpa rasa bawang putih atau daun jeruk. Disuguhkan dengan pincuk daun pisang, menjadikan kuliner ini semakin nikmat saat disantap. Namun, saat ini kuliner ini tidak hanya dijual di Stasiun Gambrengan saja. Di beberapa tempat, banyak juga dijumpai penjual nasi pecel Gambrengan ini. Salah satunya adalah di Simpanglima Purwodadi. Tepatnya di pojok Jl. R. Soeprapto atau persisnya di trotoar belakang Masjid, anda akan menjumpai warung tenda yang menjual Sego Pecel Gambrengan.


4. Sayur Becek

Sayur Becek menjadi andalan kuliner khas Grobogan yang sangat mudah untuk didapatkan. Di tiap-tiap daerah pinggiran jalan anda akan menemukan berjejeran. Menu yang dijajakkan di warung tersebut juga bermacam-macam, seperti Swike, Nasi Jagung dan Pecel. Kuliner Sayur Becek mempunyai bahan utama tulang iga sapi (balungan). Balungan dalam bahasa jawa artinya tulang iga sapi yang masih melekat daging, kemudian dimasak sayur dengan bumbu-bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan cabe, ditumbuk menjadi satu kemudian tumbukan tersebut dimasukkan dalam rebusan tulang iga sapi. Untuk menyempurnakan aroma, rebusan tulang dan bumbu tersebut dicampur dengan daun kedondong dan daun dayakan tak lupa tambahkan rasa pedas asam.

Bagaimana? Tertarik untuk mencicipinya bukan??? Yuk langsung saja ajak keluarga dan temanmu untuk berwisata kuliner di Kabupaten Blora...

Google+