Mie Ongklok Makanan Khas Wonosobo yang Menggoyang Lidah

JATENGLIVE.COM – Jika kamu berkunjung ke Wonosobo, jangan lewatkan kuliner khas yang satu ini yaitu mie ongklok. Yaa, mie ongklok merupakan kuliner khas dari Kabupaten Wonosobo. Kuliner yang rasanya unik dan enak ini begitu memanjakan lidah. Perpaduan mie kuning lembut dengan kuahnya yang lezat mampu membangkitkan semangat untuk kembali berkeliling di Dieng.

Bahan utamanya berupa mie kuning lembut yang dimasak dalam panci dengan air yang mendidih. Setelah itu campuran Mie dan sayuran ditaruh pada mangkuk dan diguyur kuah. Kuah Mie Ongklok inilah yang terkenal khas. Kuahnya terbuat dari tepung pati, gula Jawa, ebi dan rempah-rempah. Agar rasanya lebih lezat Mie Ongklok diguyur juga dengan bumbu kacang dan bawang goreng. Ditambahkan pula beberapa varian lauk yang disajikan bersama Mie Ongklok diantaranya sate sapi, tempe kemul dan geblek (semacam makanan tradisional yang terbuat dari singkong). Cara penyajian Mie seperti ini hanya ada di Kabupaten Wonosobo. 

Harga yang ditawarkan dari seporsi mie ongklok ini tidak akan membuat kantongmu bangkrut. Cukup dengan Rp 5.000,00 sampai Rp 7.000,00 saja sudah bisa mencicipi kenikmatannya. Sedangkan untuk sate sapi dihargai Rp 1.500,00 per tusuk dan tempe kemul seharga Rp 1.000,00 per bijinya. Kamu pun bisa dengan mudah untuk menikmatinya. Kamu cukup datang ke alun – alun Wonosobo dan kamu akan menemukannya dengan sangat mudah! Selamat menikmati yaa!

Google+