Nah Ini Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan!

JATENGLIVE.COM, - Kamu termasuk orang yang memiliki kegemaran mendengarkan musik? Nah kalau iya, beruntunglah karena kegemaranmu ini bermanfaat bagi kesehatan tubuhmu. Ya, mendengarkan musik memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita. Apa saja manfaatnya bagi tubuh? Berikut ini penjelasannyaa!

Dapat meningkatkan kemampuan visual dan verbal

Musik dapat melatih stimulasi otak dan membantu meningkatkan kemampuan kecerdasan verbal. Nah, latihan tersebut meliputi ritme, nada, melodi, suara, dan konsep-konsep musik dasar. Dan hasilnya, kemampuan mereka dalam memahami kata-kata dan menjelaskan maknanya ternyata meningkat. Selain mampu meningkatkan kemampuan verbal, mendengarkan musik juga dapat meningkatkan daya ingat.

Mengurangi tekanan darah

Musik juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Dengan mendengarkan musik yang lembut setiap pagi dan malam, orang-orang dengan tekanan darah tinggi dapat mengontrol dirinya untuk menurunkan tekanan darahnya. Bagi kalian yang ingin memulai olahraga lari, kalian bisa memulai olahraga dengan mendengarkan musik. Dan tentunya mendengarkan musik saat olahraga lari dapat membuat kalian lari lebih cepat, meningkatkan motivasi olahraga dan pada kahirnya akan berefek pada peningkatan ketahanan tubuh.

Redakan stres

Sama dengan poin sebelumnya, mendengarkan musik juga dapat meredakan stress yang kalian alami. Buktinya terletak pada riset yang dilakukan pada tahun 2011 oleh lembaga sosial kesehatan mental, menunjukkan bahwa hampir sepertiga orang mendengarkan musik untuk memberikan semangat ketika sedang bekerja. Dan satu dari empat orang mengaku bahwa mereka mendengarkan musik saat perjalanan ke tempat kerja untuk membantu mengatasi stres.

Tingkatkan daya tahan tubuh

Seperti yang kami katakan, musik juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kalian. Mendengarkan musik tertentu sebenarnya bisa membantu berlari lebih cepat. Sebuah studi di Brunel University, London Barat telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2 persen.

Google+