Nasi Goreng Tembakau, Makanan Unik Khas dari Temanggung

Jatenglive.com – (Temanggung) Mendengar kata Temanggung, Jawa Tengah, maka yang pertama terlintas di pikiran adalah daerah penghasil tembakau. Hampir di sepanjang jalan di Temanggung, mudah ditemukan kebun tembakau. Hasil perkebunan tembakau identik digunakan sebagai bahan dasar rokok, tapi jangan salah, tembakau bisa diolah menjadi menu makanan lezat juga.

Sebuah rumah makan menyajikan menu unik berbahan tembakau yakni nasi goreng tembakau dan jadi tujuan kuliner utama di Temanggung. Berlokasi tak jauh dari Alun-alun Kota Temanggung, tepatnya di Jalan MT Haryono, rumah makan tersebut dinamai Temanggung Bersenyum yang akrab disebut Tebers. Dari luar, terlihat dinding-dinding yang dihiasi dengan tulisan Nasi Goreng Mbako.

Dalam nasi goreng ini tembakau yang digunakan adalah biji-biji tembakau, bukan berupa daunnya. Masih banyak yang beranggapan, yang dicampurkan dengan nasi goreng adalah daun tembakau. Biji-biji tembakau terlebih dahulu dihaluskan baru kemudian dicampurkan dengan bumbu nasi goreng. Jenis tembakau yang digunakan, satu di antaranya adalah tembakau srintil. Di sini menu nasi goreng mbako dibagi menjadi dua jenis, yakni nasi goreng mbako dan nasi goreng mbako srintil. Perbedaan antara keduanya terletak pada isian dan bumbu racikan, dimana pada nasi goreng mbako srintil ditambahi bumbu racikan khusus dan isian jamur.

Penampilannya tidak terlalu berbeda dengan nasi goreng biasa, berwarna kecokelatan dihiasi irisan mentimun dan tomat, irisan telur dadar. Yang berbeda adalah taburan daun triwis atau daun kubis tua yang ditaburkan di atas nasi goreng.

Begitu disantap, rasa pahit sedikit bertemu di lidah. Gurih bumbu nasi goreng menjadikan nasi goreng ini tetap nikmat. Dibandingkan nasi goreng mbako biasa, nasi goreng mbako srintil memiliki wangi yang lebih menyengat, rasanya pun sedikit lebih pahit. Tambahan jamur membuat nasi goreng ini semakin mantap. Di rumah makan dengan dua lantai tersebut, satu porsi nasi goreng mbako biasa dihargai Rp 14 ribu. Untuk nasi goreng mbako srintil, sedikit lebih mahal yakni Rp 17 ribu.

Google+