Oleh-oleh Khas Tegal Kerupuk Antor dan Olos Yang Nikmat

JATENGLIVE.COM – Jalan-jalan ke Tegal belum lengkap rasanya jika belum mencicipi jajanan khas Tegal yang satu ini. Yups, jajanan Olos! Jajanan yang satu ini teksturnya hampir sama dengan cilok atau cimol di daerah Semarang

Makanan ini masih terbilang baru karena baru muncul sekitar tahun 2012. Olos terbuat dari tepung kanji untuk bagian luar agar memiliki rasa kenyal. Sedangkan untuk bagian isi olos terbuat dari tumisan kol, tauge, daun bawang. Olos memiliki rasa yang khas yaitu rasa pedas meskipun sudah ditambahkan bumbu pedas atau di colek sambal. Bentuknya yang bulat seperti tahu bulat memang terlihat unik. Olos dimasak dengan cara digoreng.

Nah selanjutnya untuk oleh oleh khas kota tegal adalah kerupuk antor. Sekilas pada saat kita melihat tidak ada bedanya dengan model kerupuk upil, yaitu makanan khas Kediri. Yang membedakan oleh oleh khas kota tegal ini dengan kerupuk upil adalah ukurannya dan untuk kerupuk Antor memiliki ukuran yang lebih kecil.

Rasa dari oleh oleh khas kota tegal yang satu ini memiliki kecenderungan ke rasa bawang. Warna yang dimiliki kerupuk antor sendiri memiliki warna yang pekat karena hasil olahan dari bumbunya. Kerupuk antor ini sering ditemukan di pasar tradisional Tegal seperti pasar Banjaran, Trayeman, dan masih banyak lagi.

Nah itu kerupuk antor dan olos khas Tega yang wajib banget buat dicicipi kalau sampai ke tegal ya guys

Google+