Pantai Menganti Keindahan Tersembunyi di Selatan Kebumen

JATENGLIVE.COM, Kebumen- Pantai Menganti, namanya mungkin masih terdengar asing di telinga kalian. Pantai yang terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen ini dikenal dengan sebutan New Zealand –nya Indonesia. Ada dua jalur yang dapat ditempuh untuk mencapai Pantai Menganti yaitu jalur dari pantai karang bolong dan jalur dari pantai logending dengan jarak 30 – 40 menit.

Nama dari Pantai Menganti ini berasal dari kisah tragis seorang panglima perang dari Kerajaan Majapahit yang melarikan diri ke pesisir selatan karena sang raja tidak menyetujui hubungannya dengan pujaan hati. Kedua insan tersebut berjanji untuk bertemu di tepi samudera, namun yang terjadi pujaan hati yang ditunggu tidak kunjung datang. Meski begitu sang panglina tetap menunggu kehadiran pujaan hati. Oleh karena itulah pantai yang berbatasan langsung dengan samudera Hindia ini dinamakan “menganti” yang memiliki arti menanti.

Pantai Menganti ini menyimpan keindahan yang tersembunyi. Saat memasuki kawasan pantai kalian disambut hamparan pasir putih yang bersih. Pada sisi sebelah kiri akan terlihat dari jauh Mercusuar yang berdiri tegak di atas pegunungan yang melambai dan seakan mengajak untuk menjelajahinya. Saat mencapai puncah mercusuar kalian akan melihat pemandangan ke laut lepas tanpa halangan apapun. Biaya untuk masuk ke Pantai Menganti ini cukup terjangkau hanya berkisar Rp 10.000,00 kalian sudah bisa menikmati keindahan dari New Zealand –nya Indonesia.

Jadi, kalau kalian jalan – jalan ke Kebumen mampir ke Pantai Menganti ini ya!

Google+