Pantai Puyangan, Pantai Tersembunyi di Wonogiri

JATENGLIVE.COM, Wonogiri – Pantai Puyangan merupakan pantai indah yang tersembunyi di Wonogiri. Keberadaannya yang masih jarang diketahui membuatnya menjadi spesial. Pasir putih dan air laut yang jernih ditambah ombak yang lumayan besar membuat pantai ini semakin menawan. Pantai Puyangan merupakan kawasan pantai yang berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Pantai Puyangan menjadi lokasi favorit para pemancing karena memiliki karang-karang besar tepi pantai yang dapat digunakan untuk berburu ikan air dangkal. 

Lokasi dari Pantai Puyangan ini berada di sebelah barat dari kawasan Pantai Pringjono. Akses jalan menuju Pantai Puyangan hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak dari kawasan Pantai Nampu. Suasana Pantai Puyangan seperti pantai perawan yang belum pernah terjamah. Pantai ini jarang dikunjungi karena sebagian besar pengunjung Pantai Nampu malas untuk melakukan wisata jelajah ke pantai-pantai disebelah barat Pantai Nampu.

Pantai Puyangan diapit oleh dua buah tebing dengan garis pantai yang cukup luas memanjang sekitar 100-200 meter. Bebatuan karang banyak ditemukan di tepi atau bawah tebing. Kondisi kawasan Pantai Puyangan sangat bersih, tidak tampak sampah betebaran atau bersembunyi dibalik pasir pantai. Selain itu pasir pantainya sangat lembut dan nyaman untuk digunakan bermain pasir. Pohon pandan laut khas pantai selatan tumbuh lebat dan memanjang dari kedua ujung pantai. Deburan ombak cukup besar khas pantai selatan yang menghadap ke samudera.

Jika berkunjung ke pantai ini jangan lupa membawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup ya, karena di sini belum ada warung – warung kecil. Tapi ingat, jangan buang sampah sembarangan agar kebersihan Pantai Puyangan ini tetap terjaga.

Google+