Patah Hati Idola Nikah? Awas Celebrity Worship Syndrome

JATENGLIVE.COM Kamu punya selebriti idola atau pasangan idola? Tiap hari nyari tahu kabar dia? Atau kamu bisa patah hati ketika ia menikah dengan orang lain? Wah, bisa jadi kamu kena CWS, nih! CWS atau celebrity worship syndrome adalah sebuah sindrom perilaku obsesif dan adiktif terhadap selebriti dan segala sesuatu yang berhubungan dengan artis tersebut, tak terkecuali kehidupan pribadinya

Dilansir dari Dailymail.co, fenomena ini diteliti melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh John Maltby di Inggris, melibatkan 700 orang berusia 18 – 60 tahun diketahui ada tiga tipe CWS (celebrity worship syndrome), yakni:

Penderita ringan

Mereka yang menderita CWS ringan adalah mereka yang senang membicarakan selebritas yang mereka pilih untuk dipuja. Maltby mengatakan, dalam penelitian, timnya menemukan 22% dari sampel memiliki CWS dengan tingkat yang rendah atau kategori ringan.

Penderita sedang

Cirinya adalah memiliki hubungan pribadi yang intens dengan idolanya. Dari penelitian, Maltby menemukan 12 persen sampel menunjukkan tanda-tanda CWS kategori sedang.

Penderita Berat

Cirinya soliter, impulsif, antisosial dan kerap kali malah merepotkan. Ada 2 persen sampel dari penelitian dengan penderita CWS dalam bentuk paing serius.

 “Mereka merasa memiliki ikatan khusus dengan selebritas idolanya dan percaya selebritas tersebut juga tahu tentang mereka. Mereka bahkan siap mati untuk selebritas yang dianggap pahlawannya,” jelas Maltby.

 

Apa yang menyebabkan CWS?

Menurut Maltby, belum jelas apa yang menyebabkan seseorang menderita CWS. Satu kemunginan, karena hubungan dengan idola adalah pengganti hubungan konvensional yang ada.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa penderita CWS mengganti hubungan normal yang selayaknya ada masyarakat dengan hubungan semu dengan idola. Jika terbukti benar,  hal ini tentu akan meresahkan masyarakat’, ujar Maltby.

 

Google+