Perbedaan Film Bertema Dystopia vs Utopia

Bagi kamu penggemar film-film Hollywood kerapkali menemukan film yang bertema negara Dystopia dan Utopia. Apa sih negara Dystopia? Apapula perbedaannya dengan Utopia? Yuk, kita simak!

Dystopia

Dystopia adalah suatu keadaan atau kelompok masyarakat yang memiliki kualitas hidup yang sangat buruk dikarenakan tekanan dari pemerintah atau pemimpin , wabah penyakit, maupun teror yang berlangsung terus menerus. Film bertema dystopia atau kehancuran alam dan umat manusia di masa depan memang telah banyak difilmkan. Contohkan saja film Maze Runner dimana wabah penyakit dan zombie mengancam manusia, pemerintahan yang opresif dan dunia tak lagi sama rasanya seperti yang kita tempati kini.

Karakteristik dari Negara Dystopia adalah :

  1. Dipimpin oleh militer, atau pemerintahan yang opresif.
  2. Tidak ada kesetaraan diantara warganya dan memiliki sistem kelas/kasta.
  3. Masyarakat selalu dalam keadaan tertekan dan kehidupannya tidak layak.
  4. Penuh nuansa negatif dan keputusasaan.

Utopia

Kebalikan dari Dystopia, definisi dari Utopia adalah suatu kelompok masyarakat atau keadaan yang harmonis dan sempurna, serta tidak ada kesenjangan. Seperti dalam film La La Land, penggambaran Los Angeles dalam film ini digambarkan begitu harmonis dan nyaris sempurna. Melalui kostum yang berwarna-warni , lagu-lagu penuh keceriaan dan harapan yang dinyanyikan setiap orang walaupun berbeda-beda warna, warga Los Angeles hidup dengan harmonis. Warga kota ini digambarkan sebagai orang-orang yang senang-senang saja dengan yang terjadi di dalam kehidupannya. Dalam film ini digambarkan tidak ada warga kota yang digolongkan dalam golong working-class, gay dan lesbian, kulit putih dan non-kulit putih. Kehidupan yang harmonis ini yang menyebabkan tidak adanya kemiskinan, kriminalitas dan tindakan-tindakan rasis diantara warga kota Los Angles.

Karakteristik dari Negara Utopia adalah:

  1. Kesetaraan antara warga
  2. Ada dewan atau suatu kelompok yang selalu mengedepankan kebaikan bersama.
  3. Selalu ada nuansa penuh harapan.

Google+