Pump It Up! Olahraga Seru Menyenangkan

Pump It Up adalah sebuah permainan simulasi dance yang umum ditemukan di berbagai gamecenter mall. Dance video games yang dikembangkan oleh Andamiro asal Korea ini sejenis dengan pendahulunya yaitu Dance Dance Revolution (DDR) yang berasal dari Jepang dan dikembangkan oleh Konami. Pump It Up menjadi permainan populer di berbagai negara di belahan dunia. Permainan ini memiliki banyak komunitas besar, termasuk di Indonesia.

Untuk memainkan Pump It Up,  pemain harus berdiri di atas pad, menginjak panel sesuai dengan arah panah yang tertera di layar sesuai dengan level yang dimainkan. Semakin tinggi level yang dipilih, semakin tinggi pula tingkat kesulitan yang dimainkan.

Permainan ini memiliki dua aliran/kategori yang sering dimainkan oleh pumper (sebutan untuk pemain PIU) yaitu speed dan freestyle. Kategori speed dapat digolongkan sebagai salah satu bentuk olahraga lari atau jalan cepat yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran tubuh, terutama jantung karena merupakan salah satu metode yang tepat untuk melatih stamina dan kekuatan jantung, serta mampu membakar kalori yang terdapat di dalam tubuh sesuai dengan level lagu yang dipilih. Pemain kategori speed harus memperhatikan akurasi agar mendapatkan skor terbaik pada lagu-lagu dengan level yang dimainkan. 

Sedangkan pemain dengan kategori freestyle memiliki keunggulan yaitu mampu mengeluarkan gaya koreografi atau aksi yang dapat ditunjukkan untuk menghibur orang lain sesuai dengan ritme lagu yang dipilih untuk dimainkan dan tentu saja disesuaikan dengan stepnya. Penilaiannya berasal dari bermacam-macam sisi, di antaranya adalah koreografi, kostum, grade, dan lain-lain.

Banyak orang mengira bahwa permainan ini adalah permainan yang hanya bermanfaat untuk menghilangkan kejenuhan sesaat dan sekedar fun dalam memainkannya, tetapi faktanya banyak para pemain pump it up yang berorientasi untuk meningkatkan prestasi mereka di permainan ini. Kebutuhan untuk melakukan gerakan-gerakan tubuh terpenuhi dalam permainan ini, seperti matic, drill, run, manual, rally, dan lain-lain.

Peminat pump it up di Indonesia semakin banyak dari tahun ke tahun ditandai dengan semakin banyaknya komunitas yang terdapat di hampir setiap kota di Indonesia, bahkan dalam satu kota terdapat lebih dari satu komunitas yang memiliki tujuan berbeda-beda. Bahkan, permainan Pump It Up juga sering diadakan festivalnya, lho!

Google+