Saigon.com, Kenalkan Reptil Asli Indonesia

 

Termotivasi dari keinginan untuk mengenalkan fauna saigon kepada masyarakat, para pecinta reptil unik satu ini membentuk Saigon Semarang Community (Saigon.com).  Berdiri sejak tahun 2011, komunitas menjadi peolopor terbentuknya komunitas pecinta saigon pertama yang ada di indonesia.

Sailfin dragon atau disingkat saigon merupakan reptil asli indonesia yang berasal dari daerah tropis di indonesia bagian timur dan Filipina.  Hewan dengan nama latin hydrosaurus ini termasuk hewan jenis semi-akuatik dan memiliki duri dan layar seperti naga. Reptil ini terbagi menjadi 3 jenis yakni Amboinensis, Weberi, dan Pustulatus. 'Untuk jenis Amboinensis dan Weberi banyak ditemukan di Indonesia, sementara jenis Pustulatus tersebar di daerah Philipina.

Selain memiliki kegiatan rutin seperti berkumpul saat acara car free day di Jalan Pahlawan, komunitas ini juga sering mengikuti berbagai kontes hewan dan mengadakan sosialisasi ke sekolah serta Universitas di Semarang. Kegiatan ini bertujuan untuk semakin mengenalkan  keunikan reptil saigon kepada masyarakat.

Kamu juga tidak perlu takut memegang reptil satu ini, karena sifanya yang tidak berbahaya dan sangat bersahabat.

Nah, ternyata reptil asli indonesia pun tidak kalah unik ya dibanding reptil dari luar negeri. Yuk, kita lebih mengenal lagi fauna khas indonesia!

 

 

Google+