Selebrasi Parade Bulan Bahasa Undip 2017

JATENGLIVE.COM- Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia (KMSI) Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan Selebrasi Parade Bulan Bahasa (Parlansa) Undip 2017, Sabtu (28/10). Pemilihan tanggal pelaksanaan tersebut diambil karena memang salah satu isi dari Sumpah Pemuda adalah menjunjung bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, yang sekaligus menjadi cikal bakal penetapan bulan Oktober sebagai Bulan Bahasa itu sendiri.

 

Selebrasi Parade Bulan Bahasa Undip 2017 ini diadakan untuk mengakhiri rangkaian Parade Bulan Bahasa 2017 yang sebelumnya telah diisi dengan Seminar Kebahasaan dan Bazar Buku. Mengusung tema “Bahasa sebagai Titik Temu”, acara ini berusaha menunjukkan peran penting bahasa, khususnya bahasa Indonesia dalam menghubungkan sekaligus mempersatukan berbagai pihak.

 

Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip, acara ini menghibur ratusan penonton yang hadir dengan berbagai penampilan, mulai dari tari tradisional dan modern, penampilan musik akustik bergenre pop dari Guivosax, musikalisasi puisi dari Efek Rumah Makan, hingga musik bergenre folk indie dari Sore Tenggelam, serta Beach and Blue Sky. Di tengah rangkaian penampil tersebut, terdapat sesi visualisasi puisi yang sekaligus mengajak seluruh hadirin turut serta bersama-sama membacakan ulang teks Sumpah Pemuda. Selain sajian berbagai hiburan tersebut, acara ini juga diramaikan oleh belasan stand yang menjual makanan dan minuman, fashion item, hingga aneka jenis buku. Instalasi karya sastra dan lukis, serta photo booth pun hadir dalam rangka menambah kemeriahan acara ini.

 

Google+