Soto Kemiri Khas Pati Kaya Rasa Bumbu Rempah

Jika mendengar kata Soto, tentu sudah tidak asing lagi bagi siapapun yang mendengarnya. Baik soto daging sapi maupun daging ayam saat ini sangat mudah ditemukan dimanakan dan kapanpun. Nah di Pati sendiri terdapat masakan khas dengan menu soto yang terkenal yaitu ‘Soto Kemiri’.

Bagi kalian yang belum pernah mencicipi soto kemiri tidak ada salahnya untuk singgah sebentar ke warung soto jika berkunjung ke Pati. Soto kemiri disajikan dengan kuah bumbu rempah yaitu kemiri yang menjadikan rasa soto semakin gurih dan nikmat. Uniknya lagi, tidak terdapat suwiran daging ayam diatas soto kemiri, melainkan ayam disajikan secara terpisah sebagai lauk.

Salah satu rekomendasi warung soto kemiri yaitu milik Lasdi Tarzan, di deretan komplek cucian mobil, Jalan Kembang Joyo, Desa Gembleb, Pati, Jawa Tengah. Tak jarang warung milik Lasdi Tarzan menjadi jujukan untuk menikmati semangkuk soto kemiri.

"Dulu, ceritanya, ini menjadi menu istimewa bagi kaum pekerja dan rakyat jelata saat makan siang," cerita dia.‎

Versi lain, kuliner ini mulai muncul di Dukuh Kemiri, Desa Sarirejo, Kecamatan/Kabupaten Pati. Di wilayah itu, dulunya merupakan hutan rempah, berupa kemiri.

Dan memang, menurut Lasdi, kebanyakan penjual kuliner soto kemiri berasal dari Dukuh Kemiri seperti dirinya.

"Sekarang, soto kemiri tak hanya digemari oleh kalangan rakyat, pejabat juga ‎yang suka," katanya.

Satu porsi soto kemiri di banderol dengan harga Rp. 4.000 dan untuk tambahnan lauknya dibanderol dengan harga mulai Rp.3.000 – Rp.9.000, sangat terjangkau bukan? So, jangan sampai melewatkan soto yang satu ini ya jika berkunjung ke Pati! :)  

Google+