Tempe Alakathak Si Langka Dari Weru

JatengLive.com – Food hunter apakah kalian pernah mendengar makanan bernama Tempe Alakathak? mungkin hanya sebagian kecil saja yang pernah mendengar namanya apalagi merasakannya.  Tempe Alakatak adalah makanan yang sangat langka, karena hanya bisa ditemukan di daerah Weru, Sukoharjo dan Candi, Gunung Kidul, selain itu kalian cari di manapun nggak bakal ketemu. 

Alakathak terdiri atas tempe olahan berbahan utama koro benguk dan mi yang dibuat dari tepung singkong, masyarakat menyebutnya tepung kanji. Keduanya dibungkus dengan daun jati yang masih hijau. Alakathak sendiri dijual di pasar-pasar tradional di Weru dan sekitarnya saban pasaran tertentu (hari berdasar kalender Jawa) seperti di Pasar Tawangkuno, Tawang, Weru setiap Kliwon dan Pahing, di Pasar Kelir saban Wage dan Legi, Manyaran, Wonogiri pada Pon dan Kliwon, dan Semin, Gunung Kidul pada Pon. Pedagang menjualnya dari pagi hingga pukul 10.00 WIB. Biasanya pedagang membuat alakathak sendiri.

Pembuatan Alakathak tidak sesederhana tampilannya. Proses pengolahan Tempe Alakathak memakan waktu berhari-hari. Pertama koro benguk direbus hingga matang lalu direndam selama tiga hari. Setelah itu benguk dikukus beberapa lama. Selanjutnya benguk ditumbuk hingga halus. Setelah halus dibungkus menggunakan daun jati atau daun pisang dengan ukuran kecil-kecil dibiarkan satu hari. Untuk menikmati makanan khas ini food hunter hanya perlu merogoh kocek Rp. 1.000,-, bagaimana murah bukan?? Langsung saja datang ke Kecamatan Weru, Sukoharjo..

Google+