Tips Melindungi Diri dari Aksi Begal

JATENGLIVE.COM – Aksi  begal yang kembali mencuat ke permukaan beberapa hari terakhir terjadi di Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Insiden ini menimbulkan keresahan bagi masyarakat sekitar. Terlebih bagi para pekerja yang pulang malam. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari dari aksi begal sebagai antisipasi saudara ketika pulang malam.

1. Menambah Kecepatan Kendaraan

Ungaran yang dikenal dengan banyaknya hutan dan belum padatanya pemukiman penduduk seperti Ungaran Barat dan Ungaran Timur, memang rawan menjadi zona kejahatan yang cukup memakan korban. Maka tidak ada salahnya ketika kamu melewati zona hutan atau sepi penduduk tambahlah kecepatan kendaraan yang kamu kendarai. Terlebih jika ada gelagat mencurigakan dari pengendara lain. Namun tetap hati-hati ya jalan sepi bukan berarti dapat berkendara seenaknya dengan kecepatan tinggi.

2. Berlagak Orang Bertubuh Kekar

Nah tips kedua cobalah untuk berkendara layaknya seorng pembalap. Yaitu dengan membungkukkan badan condong ke depan dan membuka lengan saat menyetir lebih lebar. Jika memang kamu akan pulang malam gunakan atribut untuk menjaga kesehatan seperti jaket tebal terlebih saat ini memasuki musim penghujan dan rendahnya suhu di malam hari.

3. Gunakan Pengaman Kendaraan

Tidak lupa untuk tetap menggunakan perlengkapan kendaraan sebagai keamanan. Seperti helm, sepatu, sarung tangan (jika diperlukan), serta cek kondisi kendaraan seperti lampu, kaca spion, ban, rem, dan bahan bakar. Pastikan semuanya dalam kondisi normal dan baik.

4. Jangan Pulang Malam Sendirian

Jika memang memaksakan kamu untuk pulang malam, janganlah pulang sendiri. Hubungi teman-temanmu yang berada di wilayah yang sama yang menuju ke arah pulang yang sama. Pastikan tempat berkumpul untuk pulang secara bersama-sama. Dengan begitu kalian akan saling melindungi satu sama lain.

Nah itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengelabuhi atau menghindari tindak kejahatan begal di wilayah Ungaran.

Google+