Waspadai Gula dalam Kopi Sachet

Kopi sudah menjadi bagian dari rutinitas hidup orang banyak. Bagi mereka yang belum kuat meminum kopi hitam, kadang kopi kemasan menjadi pilihan praktis.

Tapi, hati-hati dengan bahaya yang mengintai jika terlalu banyak mengonsumsi kopi "sachet" semacam itu.

"Kopi sachet itu kan banyak beredar di pasaran. Itu mengandung satu sendok makan gula pasir."

"Jadi kalau minum dua-tiga kali sehari, bisa dibayangkan kan berapa banyak konsumsi gulanya," kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Siloam Hospital, Mulyani Anny Suryani Gultom SsPD.

Penjelasan ini diungkapkan Mulyani pada konferensi pers Tropicana Slim White Coffee di Wyl's Kitchen, Jakarta Selatan, Kamis (22/2/2018) kemarin.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dalam sehari tubuh kita hanya boleh mengonsumsi sekitar dua sendok makan.

Padahal, dalam sehari seseorang tak hanya mengonsumsi kopi melainkan juga makanan lainnya.

Terlebih saat ngopi di kedai kopi biasanya orang-orang juga akan membeli cemilan kue.

Dengan demikian, Mulyani menegaskan perlunya pembatasan minum kopi "sachet" tak lebih dari dua bungkus per hari.

"Jadi harus kita batasi. Kecuali kita menggunakan pemanis buatan yang rendah kalori," tuturnya.

Merespons kekhawatiran tersebut, Tropicana Slim kembali meluncurkan varian kopi sachet dengan pemanis buatan rendah kalori.

Tropicana Slim White Coffee, seperti namanya, adalah perpaduan kopi hitam dengan susu atau krim yang dimaniskan dengan gula.

Brand Manager Tropicana Slim, Noviana Halim memastikan Tropicana Slim White Coffee masih cocok dengan mereka yang sedang diet, karena bebas gula pasir.

Kandungan kafein dalam setiap sachet Tropicana Slim White Coffee juga terbilang aman karena hanya mencapai 64mg. Sedangkan, batas konsumsi kafein dalam sehari adalah 400mg.

"Cocok untuk yang lagi diet biar diet jalan terus dan aman juga buat diabetes. Walaupun bebas gula pasir tapi rasanya tetap enak," kata Novi.

 

Sumber: kompas.com

 

Artikel ini pernah di tayangkan di kompas.com dengan judul Waspadai, Bahaya di Balik Hobi Minum Kopi "Sachet"

Google+