Wisata Air di Grojogan Sewu

JATENGLIVE.COM, Karanganyar- Grojogan Sewu merupakan tempat wisata air yang cukup terkenal di Jawa Tengah. Lokasinya yang terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar ini mudah untuk ditemukan. Tepatnya air terjun ini berada di lereng Gunung Lawu. Grojogan Sewu ini berada sekitar 27 km di sebelah Timur Kota Karanganyar. Akses untuk menuju lokasi wisata ini cukup mudah yaitu hanya perlu menyusuri anak tangga yang jika dihitung sebanyak kurang lebih 1250 buah anak tangga yang sudah dibuat khusus untuk memudahkan pejalan kaki. Sembari menyusuri anak tangga, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam hutan yang sangat asri.

Grojogan Sewu merupakan kata yang berasal dari bahasa jawa, jika diartikan dalam bahasa Indonesia Grojogan Sewu berarti Air Terjun Seribu. Meski air terjun di sini tidak berjumlah seribu, tetapi ada beberapa titik air terjun yang dapat dinikmati di sini. Kata sewu atau seribu disini berasal dari seribu pecak atau satuan jarak yang digunakan pada masa lampau untuk mengukur tinggi air terjun. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Air terjun tertinggi yang ada tingginya sekitar 81 meter. 

Sepanjang perjalanan dalam menelusuri air terjun ini, kalian akan disambut oleh puluhan monyet liar yang hidup di sekitar grojogan sewu. Kalian harus berhati – hati dalam menjaga barang bawaan karena terkadang monyet – monyet liar suka merampas barang bawaan pengunjung. Setelah menuruni anak tangga barulah kalian akan disuguhkan dengan pemandangan berupa air terjun yang eksotis. Di kawasan wisata Grojogan Sewu terdapat kolam renang yang dapat kita gunakan untuk berenang. Fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap. Pengelola wisata Grojogan Sewu menyediakan warung yang menjajakan aneka makanan, mushola dan lain – lain. Selain itu di kawasaan Tawangmangu sendiri banyak ditemui hotel – hotel serta villa yang dapat anda sewa ketika anda ingin bermalam disana.

Air yang mengalir dari wisata Grojogan Sewu Tawangmangu kemudian akan mengalir melalui sebuah sungai. Sungai ini membelah kawasan wisata Tawangmangu menjadi dua bagian. Sebagai penghubungnya dibuatlah sebuah jembatan yang letaknya persis di depan Grojogan Sewu. Jembatan inilah yang sering digunakan sebagai tempat untuk berfoto oleh para wisatawan yang datang. Di sisi seberang sungai pengunjung dapat menikmati hutan hijau yang sangat lebat. Di hutan ini banyak ditumbuhi pohon pinus yang menjulang tinggi sehingga menjadikan suasana lebih sejuk dan asri.

Jadi, jika kalian berkunjung ke Karanganyar jangan lupa main ke Grojogan Sewu yaa!

Google+