4 Sosok Ini Yang Pernah Di Serang ARMY Karena Berani Kritik BTS

Sebagai boygroup terbesar di Korea Selatan yang mungkin paling mendunia, bahkan lagunya akan dipakai di penutupan Euro 2021--BTS lebih dari sekadar fenomena. Tak hanya musik yang ditawarkan, tapi juga fanatisme. 

Lihat saja betapa "gilanya" paket McDonald's BTS Meal yang meledak beberapa waktu lalu. Fanatisme pada BTS rupa-rupanya bisa dibilang "menakutkan". Fans militan boygroup beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook ini tak sebatas pada idolanya, melainkan juga tak ragu untuk "menyerang" kritikan atas idolanya. 

Berikut 4 sosok, organisasi, dan media yang pernah mengkritik BTS dan tak butuh waktu lama dihajar boygroup yang memulai debut pada 2013 ini. 

Penyiar Radio Bayern 3 Jerman 
Penyiar radio asal Jerman Bayern 3 Matthias Matuschik, sempay melontarkan kritik pedas pada BTS karena menampilkan lagu Coldplay "Fix You" dalam acara MTV Unplugged. 

Penyiar ini dituduh berkomentar rasis saat siaran mengomentari sesi unplugged BTS, membuat fans BTS meradang. Tepatnya pada 26 Februari 2021, penggemar BTS beramai-ramai menggunakan hastag #Bayern3Racist, #RassismusBeiBayern3 dan kalimat "Apologize to BTS". Matthias, dianggap "keterlaluan" karena membandingkan BTS dengan Covid-19. Saat itu, dia berharap "vaksin" bisa segera tersedia. Tentu semua paham apa maksud sebenarnya. 

PETA Asia 
Kolaborasi BTS dengan restoran cepat saji McDonald's juga pernah mendapat protes dari organisasi hak hidup hewan (PETA) Asia. BTS dinilai tak mempedulikan "nasib" ayam yang dijadikan nugget dalam paketnya Menurut PETA Asia, ayam sudah menderita karena dijadikan makanan. 

Sebelum publik bisa memahami "kekonyolan" ini, ARMY, penggemar BTS langsung menyerang PETA tanpa basa-basi. Hastag #BanPETA berkibar. Tak peduli soal ayam atau tidak, siapapun yang menyenggol BTS sedikit saja harus dilawan. PETA dianggap terlalu memaksakan opini "vegetariannya" 

Ronan Keating Boyzone 
Legenda per-boyband-and Ronan Keating, yang juga mantan personel Boyzone, juga sempat "dikeroyok" ARMY karena luapkan kritik. Keating mengomentari rencana pembentukan grup baru hasil kerja sama Big Hit Entertainment dengan Universal Music. Namun, dirinya salah paham karena menganggap para personel BTS ikut terlibat secara langsung dalam pembentukan grup baru tersebut.

Grup baru yang dibentuk ini, menurut Keating, bisa berubah menjadi lebih besar dan membunuh karier BTS. Tapi, Army menganggap Keating sudah sedemikian "sotoy" dan menggelikan. Dirinya bahkan dianggap tak punya pengetahuan tentang BTS. 

Media Jerman, Bild 
Jimin, anggota BTS, juga sempa ramai dibela ARMY pasca-disebut melalukan operasi plastik oleh media Jerman, Bild. Awalnya, artikel Bild memuat berita tentang salah influencer yang menjalani beberapa kali operasi plastik dengan tambahan "-agar mirip dengan Jimin". 

Tak perlu menunggu waktu lama, ARMY melakukan sesuatu layaknya " army", yakni menyerang Bild tanpa basa-basi. Para penggemar BTS yang tersinggung langsung marah di media sosial. Ini semakin menunjukkan bahwa BTS bukan hanya sekadar musik belaka, tapi sudah menjadi "keyakinan" yang harus dibela.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Sosok Ini "Berani" Kritik BTS dan Langsung Diserang ARMY"

 

 

 

Keyword:
Google+