5 Hal Utama Memilih Vitamin C yang Tepat Untuk Kulitmu

Banyaknya manfaat yang terkandung dalam vitamin C, menjadikan vitamin C banyak direkomendasikan khususnya untuk perawatan kecantikan kulit. Vitamin C mampu mencerahkan kulit, membentuk kolagen, menjaga keseimbangan produksi minyak yang ada dalam kulit, hingga mampu menghilangkan bercak bekas jerawat. Meskipun begitu, tidak semua kulit cocok menggunakan vitamin C sebagai perawatan kulit karena perbedaan jenis kulit masing-masing orang. Agar tidak mengalami masalah kulit yang lebih buruk, sebaiknya perhatikan 5 hal utama berikut sebagai pertimbangan dalam memilih vitamin C yang tepat.

 

1. Kadar Kandungan Vitamin C

https://manaberita.com/2019/10/3-rekomendasi-merek-serum-lokal-yang-ampuh-bisa-mencerahkan-wajah-gak-bikin-kantong-jebol/

Setiap vitamin C memiliki kadar kandungan dan konsentrasinya masing-masing. Hal ini sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit wajahmu. Vitamin C dengan kadar konsentrasi yang tinggi akan berdampak pada keringnya kulit di permukaan wajah, hal ini tidak cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Sebaiknya untuk kamu yang memiliki kulit kering maupun sensitif memilih serum vitamin C dengan kadar kandungan maupun konsentrasi yang rendah agar kulitmu mampu beradaptasi terlebih dahulu.

 

2. Tekstur Vitamin C

layering serum

https://journal.sociolla.com/beauty/layering-serum/

Setiap serum vitamin C memiliki berbagai tekstur yang berbeda-beda, ada yang ringan hingga kental. Tekstur pada serum vitamin C ini juga harus disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing. Jika kulit wajah berjerawat, maka serum vitamin C yang harus dipilih adalah serum dengan tekstur yang lebih cair dan cukup ringan saat dipakai di wajah.

 

3. Kondisi Kulit

Wajah Berjerawat, Hindari Produk Makanan Ini

https://faktualnews.co/2018/09/02/wajah-berjerawat-hindari-produk-makanan-ini/97330/

Vitamin C yang memiliki peran sebagai anti inflamasi memiliki kemampuan untuk menghambat sekresi sebum, dimana sekresi sebum merupakan penyebab utama masalah jerawat. Dengan kondisi kulit wajah yang berjerawat, pilih kandungan aktif vitamin C lainnya seperti dipotassium glycyrrhizinate yang mampu mencegah jerawat. Pilih serum vitamin C yang bertekstur ringan dan tidak lengket di wajah.

 

4. Jenis Kulit

Ilustrasi jenis kulit (complete wellbeing)

Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, perhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam serum vitamin C. Memperhatikan kandungan vitamin C untuk menghindari masalah baru pada permukaan kulit wajah. Hindari kandungan seperti alkohol, paraben dan bahan aditif lainnya.

 

5. Menjaga Keremajaan Kulit

(Foto: Healthy Living)

https://www.medcom.id/rona/kesehatan/dN6dx7pk-jaga-keremajaan-kulit-dengan-vitamin-c

Untuk mendapatkan kulit yang tampak lebih muda dan elastis, kamu wajib memilih serum vitamin C yang memiliki tambahan bahan kandungan seperti hyaluronic dan ceramide. Kandungan tersebut dapat membuat kulit wajah lebih kenyal dan mempertahankan kelembapan kulit.

Keyword:
Google+