AIR TERJUN DI JAWA TENGAH YANG INDAH DAN BELUM BANYAK DIKETAHUI

Banyak banget tempat menarik yang bisa Kamu kunjungi saat liburan di Jawa Tengah. Jika Kamu tertarik dengan destinasi air terjun, Jawa Tengah pun punya sederet air terjun yang menakjubkan lho! Biar Kamu nggak penasaran, Kamu bisa simak sederetan destinasi air terjun yang memukau di Jawa Tengah ini.

1. Curug Bengkawah Pemalang

Atik85.blogspot.com

Curug Bengkawah atau yang juga populer dengan nama Curug Kembar merupakan sebuah wisata air terjun yang terletak di Kabupaten Pemalang. Ketinggian air terjun ini mencapai 20 meter dan kedalaman airnya mencapai 3 meter. Uniknya air yang mengalir di curug ini tidak pernah kering dan sangat jernih. Tak heran jika orang orang selalu menyebut wisata ini masih “perawan”.

Wisata air terjun ini berada di kawasan hutan dan di penuhi dengan monyet monyet yang lompat kesana kemari di sekitar hutan tersebut. Sumber utama air terjun ini berasal dari aliran sungai Kluweh. Tidak jauh dari air terjun terdapat sumber mata air yang sangat jernih. Air ini biasanya dimanfaatkan oleh para wisatawan yang menginap di lokasi curug.

Wiisata curug Pemalang yang lokasinya di 35km sebelah selatan kota Pemalang, tepatnya ada di Desa Sekasur, Kecamatan Belik, Pemalang. Pesona indah air terjun Jawa Tengah yang satu ini bisa Kamu tempuh dengan motor dari jalur Pantura dengan waktu perjalanan sekitar 1 ½ jam dengan mengambil arah jurusan ke Randudongkol hingga tiba di terminal Randudongkol.

2. Air terjun Gedad Playen

jogjaholic.com

Satu lagi, air terjun Jawa Tengah yang cukup indah namun belum banyak diketahui oleh masyarakat luas adalah air terjun Gedad Playen. Berlokasi di dusun Gedad, desa Banyusoco, Kecamatan Playen ini, memiliki ketinggian 10-15 meter dengan dinding yang berpunuk dan cukup lebar. Air terjun yang penampakannya menyerupai Taman Sungai Mudal di Kulon Progo ini bisa Kamu jangkau dengan mengambil arah jalan Wonosari yang menuju ke air terjun Srigethuk.
Sesampai di pos pertigaan arah Srigethuk, Kamu bisa belok kiri dengan menempuh jarak 3km hingga tiba di perempatan balai desa Banyusoco. Dari sini, belok kiri sejauh 1km hingga Kamu menemukan papan penunjuk jalan mengarah ke air terjun Gedad. Ikuti jalur tersebut hingga akhirnya Kamu akan tiba di lokasi.

3. Air terjun Curug Sewu

piknikasik.com

Berlokasi di Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, air terjun di Jawa Tengah yang satu ini memiliki tiga tingkat yang masing-masing 15, 45 dan 20 meter. Di lain sisi, air terjun ini juga memiliki ragam fasilitas seperti gardu pandang, kebun binatang, kolam renang dan taman bermain. Untuk mengunjungi lokasi wisata ini, Kamu yang menggunakan kendaraan umum seperti halnya bus bisa mengambil jurusan Mangkang dari kota Semarang.
Sesampai di terminal Mangkang, naiklah bus jurusan Sukorejo yang akan melewati Kaliwungu, Waleri dan pastinya Sukorejo. Setiba di Sukorejo, Kamu bisa naik ojek untuk menuju ke Curug Sewu tersebut. Mudahnya akses menuju lokasi menjadikan banyak wisatawan yang singgah dan menghabiskan liburan di lokasi ini.

4. Air Terjun Songgolangit

piknikasik.com

Dengan ketinggian 80 meter dan lebar 2 meter, air terjun Songgolangit ini merupakan destinasi wisata yang bisa Kamu kunjungi di Desa Bucu, Kecamatan Kembang atau 30 km dari kota Jepara. Wisata air terjun di Jawa Tengah yang satu ini menyuguhkan pemandangan menakjubkan dengan keanekaragaman kupu-kupu yang bisa Kamu nikmati di sana. Untuk akses menuju lokasi, bisa Kamu tempuh dengan menggunakan angkutan umum.
Berangkat dari terminal bus Jepara, Kamu bisa naik bus jurusan Pati ataupun Bangsri dan turun di pertigaan yang mengarah ke desa Cepogo. Dari lokasi ini, Kamu bisa menyewa ojek yang akan mengantarkan ke lokasi wisata air terjun songgolangit.

5. Air Terjun Kedung Kayang

visitmagelang.id

Berjalan – jalan ke Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, tidak akan berkesan jika Kamu tidak singgah di air terjun di Jawa Tengah yang dikenal dengan sebutan air terjun Kedung Kayang. Dengan berlatar keindahan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang menjulang tinggi ke angkasa, air terjun ini berada pada ketinggian kurang lebih 300 mdpl.
Sedangkan rute untuk mencapai lokasi wisata ini, Kamu bisa memulai perjalanan dari Ketep Pass yang selanjutnya dilanjutkan dengan berjalan lurus hingga sampai di persimpangan pertama. Dari sini, Kamu bisa belok kiri dengan mengambil jalur ke Boyolali. Di sepanjang jalur ini, Kamu akan menemukan papan petunjuk yang mengarah pada lokasi wisata curug kedung kayang. Kurang lebih 3km dari Ketep, Kamu akan menemui sebuah pertigaan kecil dan Kamu bisa belok kiri di mana Kamu akan menemukan gapura tempat wisata air terjun di Jawa Tengah tersebut.

6. Curug Silangit

Panwis.COM

Memiliki tiga tingkatan yang berbeda 30 meter, 10 meter dan 10 meter, curug Silangit ini bisa Kamu nikmati keindahannya ketika mengunjungi Dusun Jaketro, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Purworejo. Salah satu wisata air terjun di Jawa Tengah ini memiliki daya tarik tersendiri dengan ragam kegiatan yang bisa dilakukan selama berwisata di sana.
Untuk mengunjungi lokasi tersebut, Kamu bisa menggunakan angkutan umum dengan mengambil jurusan Purworejo – Kaligesing yang mana lokasi terminal angkotnya ada di belakang Pasar Baledono. Dari terminal itu, Kamu bisa turun di Palpitu dan selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah kanan sekitar 15-30 menit menuju jalur Goa Seplawan. Perjalanan kemudian bisa dilanjutkan dengan bertanya kepada warga sekitar sebab lokasinya cukup dekat dengan perkampungan.

7. Air Terjun Jumong

wisatanusantaraonline.blogspot.com

Berlokasi di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, keindahan alam air terjun Jumong merupakan destinasi wisata terbaik yang akan menyuguhkan pemandangan alam dengan sarat nilai kepercayaan jika pelangi akan selalu muncul di setiap pukul 10 pagi. Untuk membuktikan hal tersebut, Kamu bisa meluncur ke air terjun di Jawa Tengah ini dengan mengambil jalur Solo – Tawangmangu.
Setiba di terminal Karangpandan ambil belokan ke kiri dan lurus hingga pertigaan pertama dan belok kanan. Di sepanjang jalur tersebut, Kamu akan menemukan petunjuk jalan yang mengarah pada lokasi wisata tersebut. Saat tiba di lokasi parkiran, setelah membayar tiket masuk sebesar Rp 3000, Kamu harus menuruni jalan setapak demi menikmati keindahan air terjun di Jawa Tengah yang dikenal dengan sebutan air terjun Jumong.

8. Curug Trocoh atau Surodipo

bakpiamutiarajogja.com

Keindahan alam air terjun di Jawa Tengah yang bisa Kamu jadikan referensi untuk berlibur adalah curug trocoh atau yang lebih dikenal dengan sebutan Curug Surodipo. Memiliki ketinggian 120m, air terjun yang satu ini bisa dibilang tidak akan kering selama musim kemarau panjang.
Untuk mencapai lokasi wisata ini, dari pusat kota Temanggung, Kamu bisa menuju kecamatan Tretep atau Wonoboyo. Sesampainya di titik ini, perjalanan bisa dilanjutkan ke desa Tawangsari sejauh 7km dengan medan yang sedikit berbatu. Dari desa Tawangsari ini, Kamu bisa melanjutkan perjalanan sepanjang 3km dengan menyusuri jalanan setapak yang mengarah pada lokasi wisata air terjun trocoh.

9. Curug Tujuh Bidadari

Wisatalova.com

Dikenal dengan sebutan curug Bidadari, air terjun di Jawa Tengah yang berlokasi di Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang ini memiliki 3 susun dengan tinggi mencapai 10 meter. Segarnya air dan udara di sekitar menjadikan setiap pengunjung selalu ingin mandi di bawah guyuran air terjun tersebut. Untuk tiba di lokasi ini, Kamu bisa menuju jalur Semarang-Solo tanpa melewati tol hingga Kamu menemui pom bensin Lemah Abang.
Dari sini, perjalanan dilanjutkan menuju wisata Bandungan dengan mengambil jalur kanan. Selanjutnya, ambil jalur yang mengarah ke Sumowono hingga tiba di pasar ataupun terminal Sukowono. Di lokasi ini, Kamu akan menemukan pertigaan dan ambil jalur yang lurus hingga menemukan petunjuk jalan mengarah pada lokasi wisata. Air terjun tujuh bidadari ini ada di sebelah kiri jalan.

10. Air Terjun Grenjengan Sewu

iwanloveindonesia.blogspot.com

Berada di ketinggian 485 mdpl, air terjun Grenjengan Sewu ini berlokasi di Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati. Memiliki ketinggian 25 meter, air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri untuk Kamu yang memang ingin mengulik air terjun di Jawa Tengah.
Untuk tiba di lokasi wisata ini, dari Pati, Kamu bisa mengambil jalur kota Tayu hingga melintasi pabrik tebu Pakis. Sampai di pertigaan Trayek Lingkar Tayu, Kamu bisa mengambil jalur sebelah kiri yang mengarah ke Gunung Wungkal dan ke Desa Jrahi. Setiba di Jrahi, perjalanan dilanjutkan ke lokasi dengan waktu 30 menit.