Bintang Korea Yang Terus Berjuang Atas Masalah Kesehatan Yang Dialami Sebelum Covid 19 Ada

Model dan aktor Korea Kim Woo-bin membuat kehebohan ketika akhirnya ia meluncurkan akun Instagram resminya pada akhir bulan lalu - hampir satu dekade setelah debut aktingnya pada tahun 2011. Berita tersebut tak pelak membuat penggemar mengingat kembali saat sang bintang memilih untuk berbagi kehidupan pribadinya, ketika dia didiagnosis menderita kanker pada tahun 2017.

Karena dunia terus mengkhawatirkan kesehatan selama masa pandemi Covid-19, seperti yang dilansir dari SCMP yang telah terinspirasi oleh lima bintang K-pop dan K-drama yang berjuang melawan berbagai masalah kesehatan dan kembali lebih kuat.

Kim Woo-bin Menderita Karsinoma Nasofaring

Kim meraih sukses besar pada pertengahan 2010-an dengan drama seperti School 2013 , The Heirs dan Uncontrollably Fond. Jadi ketika agensinya mengumumkan bahwa dia telah didiagnosis dengan karsinoma nasofaring - atau kanker nasofaring - pada tahun 2017, para penggemar sangat terkejut. Saat ia sedang syuting untuk film Wiretap pada saat itu, perusahaan dan sutradara di balik film tersebut setuju untuk menunda produksi, berkomentar bahwa mereka "akan menunggu sampai Kim pulih sepenuhnya dulu".

Kim Woo-bin mempersembahkan Penghargaan Film Naga Biru pada tahun 2019. Foto: @ 100000xhumor / Instagram
Kim Woo-bin / Instagram

Setelah istirahat dua setengah tahun - di mana dia menjalani kemoterapi - dia akhirnya kembali sebagai pembawa acara di Blue Dragon Film Awards ke-40 pada November 2019. Selama acara, dia selalu mengucapkan betapa bersyukurnya dia atas dukungan penggemar  dan juga pacarnya, aktris Shin Min-a.

Uhm Jung-hwa Menderita Kanker Tiroid

Diva K-pop Uhm Jung-hwa - alias Refund Sisters 'Man Ok - menjalani operasi kanker tiroid pada 2010. Setelah delapan tahun absen, dia muncul di Yoo Hee Yeol's Sketchbook pada Januari 2017 dan berbicara terus terang tentang pengalaman sulitnya dan bagaimana dia mengatasinya, berkata, “Itu adalah kanker tiroid. Saya harus menjalani operasi, tapi… itu merusak saraf saya. Sebenarnya, saya tidak membicarakan hal ini sebelum saya membuat album ini ["The Cloud Dream of the Nine", dirilis pada 2017]. Saya pikir mungkin ada masalah jika saya mengungkapkan bahwa saya telah melukai tenggorokan saya, jadi saya menanggungnya sendiri. Bagian dari pita suara saya menjadi lumpuh dan saya tidak dapat berbicara selama delapan bulan. "

Perjuangannya berdampak pada kesehatan mentalnya juga. Dia juga berbagi bahwa dia hampir merasa seperti "itu adalah akhir dari hidupnya". Namun, dia tidak menyerah. Menyusul penampilannya di Yoo Hee Yeol's Sketchbook , ia berpartisipasi dalam berbagai acara lainnya, termasuk Hangout dengan Yoo.

 

 

Hyuna dan Yoon Ji-sung Berjuang Melawan Gangguan Panik dan Depresi

Bintang K-pop Hyuna dan Yoon Ji-sung.  Foto: @hyunah_aa;  @ _yoonj1sung_ / Instagram
Bintang K-pop Hyuna dan Yoon Ji-sung. Foto: @hyunah_aa; @ _yoonj1sung_ / Instagram

Di industri yang tinggi akan tekanan , tidak mengherankan jika bintang K-pop mengalami masalah kesehatan mental. Hyuna dan leader dari Wanna One 'Yoon Ji-sung' secara terbuka membahas pengalaman mereka dengan gangguan panik, depresi, dan masalah lainnya.

Pada November 2019, Hyuna mengungkapkan bahwa dia sedang menghadapi depresi, gangguan panik, dan sinkop vasovagal - suatu kondisi di mana seseorang pingsan saat menghadapi pemicu tertentu, seperti melihat darah atau emosi yang tinggi. Dia memposting surat panjang kepada penggemarnya di Instagram pribadinya, mengatakan “karena orang-orang hebat dan penggemar yang selalu bersama saya, saya hanya berpikir saya baik-baik saja. Saya menundanya, mengatakan itu tidak benar dan saya baik-baik saja, tetapi kemudian saya mengetahui ketika saya pertama kali pergi ke rumah sakit pada tahun 2016 bahwa mental saya sedang sakit. ” Kemudian, saat tampil di Radio Star , dia lebih lanjut berbagi bagaimana dia memutuskan untuk menghadapi penyakit mentalnya daripada mencoba melarikan diri darinya, bahkan menjelaskan beberapa perawatan yang dia jalani.

"Saya adalah seseorang yang selalu begitu tangguh, jadi saya tidak dapat mempercayai diagnosis [saya] tentang depresi dan gangguan panik " Hyuna

Yoon Ji-sung - bersama dengan rekan seband Kang Daniel - juga mengalami gangguan panik dan depresi, berbicara tentang bagaimana dia pernah tidak bisa bernapas sebelum tampil di acara audisi survival Produce 101 setelah membaca komentar para pembenci.

Choi Sung-won Menderita Leukemia Akut

Choi Sung-won, yang membintangi banyak K-drama populer termasuk Prison Playbook dan Gangnam Beauty didiagnosis menderita leukemia akut pada 2016. Berita itu muncul setelah ia membuat penggemar terkesan dalam perannya sebagai Sung No-eul di Reply 1988 pada 2015, dan ia memutuskan mengambil istirahat untuk fokus pada kesembuhannya. 

Dia berbagi bahwa dia “bahkan takut bangun di pagi hari dan sangat cemas [tentang mengatasi] penyakit”. Tahun berikutnya, Choi berhasil mengatasi penyakitnya… tetapi baru-baru ini dirawat di rumah sakit lagi, empat tahun kemudian. Penggemarnya terus mendukungnya, percaya bahwa dia akan dapat mengatasinya seperti yang dia lakukan sebelumnya.

Keyword:
Google+