Film Layar Lebar Yang Diangkat Dari Novel Best Seller

JATENGLIVE.COM – Ide dapat muncul dari mana saja. Lagu, film, lukisan, foto merupakan ide-ide yang dapat dijadikan sebagai refensi untuk berkarya. Salah satunya film tanah air yang diangkat dari novel best seller pada zamannya.

1. Refrain

Refrain mengisahkan persahabatan Niki dan Nata yang sudah bersahabat sejak kecil dan memiliki rumah yang berdekatan. Dari kecil mereka selalu bersama kemanapun Niki pergi dan pasti ada Nata maupun sebaliknya. Hingga bertemu dengan Anna teman baru ketururan Indo. Pada suatu ketika Nata mulai jatuh cinta kepada Niki yang menjadi gadis ceria dan feminim yang tak lain adalah sahabatnya sendiri. Namun Niki tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkan perasaannya. Hingga saat kelulusan tiba, akhirnya mereka terpisah dalam waktu yang cukup lama yaitu 5 tahun untuk melanjutkan pendidikan masing-masing. Hingga akhirnya mereka dipertemukan kembali dan Niki mulai menyadari bahwa ia juga telah jatuh cinta kepada sahabatnya sejak kecil, Niki.  Novel Refrain saat itu sangat di gandrungi oleh para remaja.

2. Ketika Cinta Bertasbih

Film Ketika Cinta Bertasbih adalah sebuah film yang diangkat dari novel karya Habiburrahman El Shirazy yang berjudul sama. Film layar lebar ini disutradarai oleh Chaerul Umam.

Film Ketika Cinta Bertasbih pertama kali dirilis pada tanggal 19 Juni 2009. Film ini benar-benar memukau para penikmat film dan sukses menjadi film terlaris dengan jumlah penonton kurang lebih 3 juta orang.

Film Ketika Cinta Bertasbih dibintangi oleh beberapa artis ternama Indonesia, seperti Didi Petet, Slamet Rahardjo, Alice Norin, sampai sang penulis novelnya sendiri.

Dalam film ini menceritakan kehidupan dari tokoh-tokoh utama seperti Khairul Azzam yang saat itu masih dalam masa studi di Universitas Al-Azhar, Kairo.

3. Dilan 1990

Novel Dilan 1990 adalah salah satu novel best seller pada masanya. Novel ini mengisahkan kisah cinta Dilan dan Milea yang mengawali pertemuan mereka di Bandung. Bagi Milea, Dilan adalah sosok yang misterius dengan segala tingkah lakunya yang simpel namun mengesankan. Dilan yang terlebih dahulu jatuh hati kepada Milea bersikeras untuk menaklukkan hati Milea dan. Hingga akhirnya Milea jatuh hati kepada Dilan.

4. 5 CM

Film 5 CM ini menceritakan tentang persahabatan antara beberapa anak muda yang sudah terjalin selama kurang lebih sepuluh tahun, lalu karena sebuah alasan mereka memutuskan untuk tidak menjalin hubungan lewat apapun selama 3 bulan. Setelah itu, untuk mengakhiri perpisahan mereka selama 3 bulan tersebut, mereka mendaki Gunung Semeru pada tanggal 17 Agustus.

Film ini keren banget, dibumbui aroma persahabatan yang sangat kental dan juga percintaan diantara sahabat tersebut. Keren juga pas waktu perjalanan mereka menuju puncak Mahameru yang akhirnya menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk mendaki Puncak Mahameru.

5. 99 Cahaya Di Langit Eropa

Film 99 Cahaya di Langit Eropa adalah sebuah film drama religi yang disutradarai oleh Guntur Soeharjanto.Film ini di adaptasi dari sebuah novel best seller yang berjudul sama karya dari Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Film ini merupakan salah satu film dengan anggaran paling mahal yaitu lebih dari Rp 15 Miliar.

Film ini menceritakan tentang seorang jurnalis yang berasal dari Indonesia yang menemani suaminya untuk studi doktorat di salah satu Universitas di Austria. Film ini juga mengisahkan bagaimana mereka berdua beradaptasi dengan lingkungan mereka dan akhirnya juga menuntun mereka pada jejak-jejak agama Islam di Benua Eropa. Pokoknya, film ini sangat keren dan patut untuk di tonton.

6. Ayat Ayat Cinta

Film Ayat-ayat Cinta merupakan salah satu film garapan dari sutradara Hanung Bramantyo yang diangkat dari sebuah novel best seller berjudul sama karya Habiburrahman El Shirazy.

Film ini dibintangi oleh beberpa actor ternama Indonesia, seperti Fedi Nuril, Carissa Putri, Rianti Cartwright, Melanie Putrid an Zascia Adya Mecca. Film Ayat-ayat Cinta ini ditayangkan perdana pada tanggal 28 Februari 2008 silam dan sukses memukau para penikmat film lewat jalan ceritanya yang sangat bagus. Film ini menceritakan kisah cinta beda agama serta bagaimana kasih saying antara dua manusia dewasa yang dijelaskan dalam sudut pandang agama Islam.

7. Habibie & Ainun

Film Habibie Ainun merupakan sebuah film yang di sutradarai oleh Faozan Rizal dan diproduseri oleh Dhamoo Punjabi dan Manoj Punjabi. Film ini diadaptasi dari sebuah novel yang berjudul sama karya dari Ifan Adriansyah Ismail dan Ginatr S. Noer.

Film yang berdurasi kurang lebih 118 menit ini pertama kali dirilis pada tanggal 20 Desember 2012. Film ini mengisahkan kisah hidup dari Bapak BJ Habibie dan istrinya, Ibu Ainun. Dalam film ini BJ Habibie diperankan oleh Reza Rahardian dan Ibu Ainun diperankan oleh Bunga Citra Lestari. Film ini benar-benar mengisahkan perjuangan yang hebat dari seorang BJ Habibie dan Ibu Ainun. Kisah cinta mereka sangat-sangat indah, bagaimana memang akan selalu ada wanita hebat dibalik seorang pria yang hebat.

Film ini juga disaksikan oleh Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono dan juga Bapak Ir. H. Joko Widodo.

Nah itulah beberapa film layar lebar yang diadaptasi dari novel best seller guys. Nggak kalah seru dari cerita dalam novek tentunya.

Keyword:
Google+