Jokowi Memuji Obyek Wisata Ponggok di Klaten, 6 Faktanya!

JATENGLIVE.com - Jokowi memuji wisata Ponggok di Klaten (Jawa tengah) melalui akun instagramnya, @jokowi . 

Dalam postingan tersebut, terlihat seseorang menaiki motor trail dengan berpose di dalam air dengan penuh ikan di dalamnya. Jokowi menyebut, dalam setahun wisata Umbul Ponggok menyumbang penghasilan sebesar Rp 14 Miliar.

Berikut fakta-fakta mengenai Unggul Ponggok, tribunnews.com merangkum fakta-faktanya! Simak yaa.. 

1.Kolam sejak zaman Belanda

Umbul Ponggok merupakan kolam renang alami sejak zaman Belanda, ukuran kolam tersebut yaitu 50x25 meter, dengan kedalaman rata-rata 1,5 - 2,6 meter. Kolam ini terletak di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. 

2. Spot foto andalan para wisatawan 

Kenapa di tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun luar negeri? Ya, Karena di tempat wisata kolam renang ini terdapat spot-spot foto pemotretan di dasar kolam. Berbagai properti nya pun bermacam-macam, seperti becak, motor, meja, kursi tua, hingga vespa pun tersedia. Pengelola Zaura Photograph, jasa pemotretan bawah air Unggul Ponggok mengatakan, wisatawan yang datang cukup banyak yang menggunakan jasa fotonya. 

3. Harga Tiket

Untuk harga tiket masuk pada hari biasa seperti Senin - Kamis sebesar Rp15.000, sedangkan pada Sabtu dan Minggu yaitu Rp30.000 

Untuk dapat berfoto di dalam air, Anda dapat memanfaatkan jasa foto yang tersedia disana. Harga foto dipatok dengan harga Rp100.000

Menurut informasi yang berhasil dihimpun oleh TribunSolo.com, untuk foto dengan waktu yang paling bagus dan menarik adalah saat pagi hari dan sore hari. Wisatawan pun dipersilakan memilih foto yang diinginkan dengan bimbingan fotografer sebagai spot foto agar terlihat menarik. 

4. Masuk Nominasi Tujuan Wisata Terpopuler pada tahun 2018

Dikutip dari Tribunjateng.com, Umbul Ponggok masuk nominasi tujuan wisata terbaru populer 2018. Wisata ini bersanding dengan 9 destinasi wisata terbaru dan menarik di Indonesia. Beberapa diantaranya seperti Bukit Jamur (Gresik), Kampung Terih (Batam), Lava bantal (Sleman), Gambong Nusa (Aceh) dan lain sebagainya. 

5. Dipuji Menteri dan Presiden 

Pertama yang memuji destinasi wisata ini ialah Menteri desa, Pembangunan dan Tertinggal dan Transmigrasi Eko Pujo Sandjojo. Pujian Eko atas wisata ini disampaikan saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Madiun Jawa Timur. Saat itu Eko meminta para Kepala desa di Kabupaten Madiun mencontoh kinerja aparat Desa Ponggok, Klaten Jawa Tengah. 

Pada 23 Agustus 2018 Sri Mulyani berkunjung ke Ponggok untuk melihat langsung pengelolaan Umbul Ponggok. 

6. Jadi Desa Wisata Terbaik pada tahun 2017

Desa Ponggok menjadi desa wisata terbaik se-Indonesia dalam kategori Pemberdayaan masyarakat di tahun 2017. 

Hal itu tak lepas dari keberhasilan Desa Ponggok dalam mengelola wisata di Umbul Ponggok. Pada tahun sebelumnya, menurut catatan Kompas.com, BUMDes Ponggok juga ditetapkan sebagai BUMDes terbaik di tahun 2016. Keren ya!

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "6 Fakta Obyek Wisata Ponggok di Klaten Jawa Tengah yang dipuji Presiden Jokowi"

http://www.tribunnews.com/section/2018/11/27/6-fakta-obyek-wisata-ponggok-di-klaten-jawa-tengah-yang-dipuji-presiden-jokowi

Penulis : Daryono 

Editor : Sri Juliati 

Sumber : TribunSolo.com 

 

Keyword:
Google+