Olahraga Santai Sambil Menikmati Indahnya Danau di Semarang

WISATA SEMARANG – Bagi kalian para traveler, wajib tahu dengan tempat yang satu ini. Di Kota Semarang, lebih tepatnya di BSB Ngaliyan Semarang terdapat sebuah Danau yang indah. Danau ini dinamakan dengan Danau BSB.

BSB City merupakan enclave perumahan yang terletak di ketinggian 200-250 meter di atas permukaan laut. Berbeda dengan kota-kota lain yang biasanya padat,  kota yang satu ini memiliki konsep tata ruang yang berwawasan lingkungan. Dengan pemandangan Gunung Ungaran, Sindoro, dan Sumbing di kejauhan, resor ini dikelilingi oleh hutan karet. Dan di sinilah masyarakat bisa menjumpai danau buatan seluas 7,5 hektar dengan panorama yang sangat indah dan lingkungan yang masih bersih.

Danau BSB ini merupakan danau yang sengaja dibuat oleh masyarakat dan tidak terjadi begitu saja karena alam. Danau buatan  itu merupakan  cekungan air  dengan panorama alam yang sangat indah. Danau Buatan in terletak di jalan Semarang-Boja, Ngaliyan, dan jika ingin menikmati suasana baru yang alami, masih  asri, serta udara yang segar, tidak perlu cemas, karena danau ini memiliki nuansa yang terbilang alami dan kesegaran udara yang bagus.

Danau BSB sangatlah mudah untuk diakses. Pengunjung arus masuk melalui gerbang perumahan dan berjalan sejauh 100 meter di luar pos keamanan. Pengunjung dengan kendaraan bermotor atau mobil pribadi selanjutnya dapat langsung menuju tujuan dan memarkir kendaraannya di tempat yang telah ditentukan. Bagi pengunjung yang ridak memiliki transportasi pribadi, bisa kendaraan umum yang difasilitasi oleh pemerintan untuk menuju ke Danau BSB. 

Daya pikat keindahan Danau BSB sangat luar biasa tidak hanya bagi para kaum milenial, tetapi juga bagi orang tua dan anak-anaknya. Banyak keluarga yang datang hanya untuk duduk menikmati keindahan alam, jalan-jalan, dan mengabadikan momen kebersamaan dalam rangka melepas lelah. 

Tidak hanya untuk bersantai santai ria, tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk berolahraga bagi yang ingin berolahraga. Olahraga yang biasanya dilakukan adalah lari atau jogging mengitari Danau ini. Bersepeda dan bermain sepatu roda juga diizinkan jalan  yang mengelilingi danau. Pengunjung bisa leluasa memanfaatkan jalan di sekitar danau pada hari Minggu karena saat itu sedang diberlakukan car free day.

Karena dinaungi pepohonan dan ditumbuhi rerumputan yang rimbun, jogging track ini sangat rindang. Namun, untuk menghindari terik panas matahari, datanglah sekitar pukul 06:00, atau sore hari sekitar pukul 16:00, agar bisa berolahraga dengan nyaman.

Di Danau BSB, juga menyediakan berbagai dpot foto yang instagramable, entah itu dengan latar danau, gundukan bukit kecil berselimutkan rerumputan hijau yang mengingatkan akan Bukit Teletubbies, atau di tengah pepohonan rimbun. 

Seperti halnya dengan Thalia, warga asli kawasan ngaliyan semarang. Dia bersama dengan temannya terlihat mengunjungi Danau buatan itu. Mereka tampak sangat menikmati berkunjung di Danau BSB ini. “ biasanya kalau lagi suntuk suka datang kesini. Tempatnya solanya bagus dan adem juga.” Ujar Thalia saat ditemui Dananu BSB pada Sabtu, 28/05/2022.

Dia juga merasa banyak perubahan di tempat yang terbuka untuk umum ini. Tempanya tersebut jadi lebih bagus dari sebelumnya dan lebih ramai pengunjung tentunya. “ sekarang jadi bagus sekali tempatnya. Ramai juga orang-orang yang datang kesini untuk jogging atau Cuma mau healing saja”. Ungkapnya.

Karena danau tersebut merupakan salah satu fasilitas perumahan, pengunjung tak perlu membayar tiket untuk mengaksesnya. Namun, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan selama di sana. 

Jika perut terasa apar, tidak perlu khawatir. Ada sebuah cafe yang buka di tepian danau buatan itu. Caffe tersebut menawarkan berbagai menu makanan dan minuman. Salah datunya adalah makanan ringan seperti french fries, sandwich, serta korean food. Untuk minumannya sendiri yang paling best seller adalah kopi susu origo.  Apalagi harganya cocok untuk kantong, murah meriah. Lumayan untuk mengganjal perut ketika lapar.

Jika ingin berkunjung kemari, Direkomendasikan datang di luar akhir pekan. Bisa juga ke caffe di sekitarnya terlebih dahulu, baru kemudian mengakses area danau tersebut. 
 

Keyword:
Google+