Sensasi Dingin Kolam Cinta di Kaki Gunung Sindoro

Seakan tak pernah habis, obyek wisata di Kabupaten Temanggung terus bermunculan. Salah satunya adalah kolam renang alam di desa wisata Liyangan.

Desa wisata Liyangan berada di Dusun Liyangan, Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. Terletak di lereng Gunung Sindoro, kolam renang alam ini menawarkan kesegaran mata air di pegunungan.

Keberadaan kolam Liyangan tidak bisa lepas dari keberadaan Candi Liyangan, karena lokasi kolamini dekat dengan situs peninggalan zaman Mataram kuno tersebut. Sebenarnya situs bersejarah ini bukanlah candi, tetapi semacam kadipaten (Kawasan penduduk). Dinamakan kolam cinta dikarenakan bentuk salah satu kolam yang menyerupai hati, yang mana nama ini diberikan oleh penduduk sekitar.

Kolam Renang Cinta

Kolam renang di kawasan ini terdiri dari tiga jenis kolam dengan luas dan kedalaman yang berbeda. Untuk kolam terbesar yang mempunyai bentuk seperti kacang memiliki kedalaman 1,5 meter, kolam berikutnya dengan desain hati memiliki kedalaman 0,7 meter dan yang paling kecil memiliki kedalaman 0,5 meter.

Image result for kolam renang cinta candi liyangan

Area kolam renang ini tidak hanya sebatas kolam saja. Akan tetapi, area kolam renang cinta ini dikelilingi dengan persawahan yang masih asri serta terlihat jelas gunung yang nampak menjulang tinggi di bagian utara. Anda dapat merasakan bagaimana indahnya menikmati suasana alam yang masih sangat kental dengan hijaunya pepohonan. Suasana saat pagi hari maupun sore hari di kolam ini mampu menghadirkan nuansa romantis yang elok nan rupawan. Air kolam berasal dari umbul tempurung yang merupakan mata air Gunung Sindoro. Umbul tempurung memiliki empat titik mata air yang mengaliri tiga desa sekaligus.

kolam renang cinta liyangan

Kolam renang ini berada di Dusun Liyangan, Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, kabupaten Temanggung jawa Tengah. Untuk menikmati kolam alam di lereng gunung ini, sangat murah. Pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 8.000. Sedangkan untuk Jam Buka Kolam Renang Cinta Candi Liyangan sendiri mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB pada setiap harinya.

Keyword:
Google+