Siapa Gerald Jerry Lawson Yang Muncul Di Google Doodle 1 Desember 2022?

Hari ini Kamis (1 Desember 2022) Google Doodle merayakan ulang tahun ke-82 Gerald "Jerry" Lawson, salah satu bapak game modern yang memimpin tim yang mengembangkan sistem video game rumahan pertama dengan kartrid game yang dapat dipertukarkan.

Ilustrasi tersebut menampilkan lelaki berkulit hitam yang sedang bermain game. Jika kalian mengklik Goggle Doodle tersebut, kalian bisa memainkan berbagai macam game.

 


 

Siapa Gerald Jerry Lawson?
Gerald Anderson Lawson
lahir di Brooklyn, New York pada 1 Desember 1940. Pria berkulit hitam itu akrab disapa Jerry. Sejak dini, Lawson gemar mengutak-atik elektronik, memperbaiki televisi di sekitar lingkungannya, dan membuat stasiun radio sendiri menggunakan komponen daur ulang untuk menghasilkan sedikit uang sebelum mendaftar ke Queens College, bagian dari University of New York City.

Lawson merupakan sosok yang memelopori video game dan salah satu dari sedikit insinyur kulit hitam yang bekerja di industri teknologi pada 1970-an. Dia juga membantu pengembangan sistem konsol video game rumahan berbasis cartridge pertama.

Ketertarikanna pada komputasi membawanya masuk dalam klub komputer Homebrow Silicon Valley pada 1970-an. Lawson menjadi satu-satunya anggota kulit hitam saat itu. Di klub tersebut, ia bertemu dengan Steve Jobs dan Steve Wozniak. Pada pertengahan 1970-an, Lawson membantu menciptakan Fairchild Channel F, mesin hiburan rumahan yang diproduksi pada 1976 oleh Fairchild Semiconductor. Saat itu, ia bekerja sebagai direktur teknik dan pemasaran.

Game yang ada saat ini hadir berkat karya Lawson. Selain membuat orang bisa bermain game, dia juga membuka jalan bagi sistem seperti Atatri 2600, Nintendo, Xbox, dan Playstation.

Lawson meninggalkan Fairchild pada tahun 1980 dan mendirikan Videosoft, yang membuat perangkat lunak game untuk Atari 2600 dan pengembang lainnya, dikutip dari CNBC. Perusahaan itu hanya bertahan beberapa tahun, tetapi Lawson menghabiskan sisa kariernya sebagai konsultan untuk perusahaan game dan teknologi.

Jejak Karier Jerry Lawson
Lawson mengawali kariernya di California, Amerika Serikat. Berikut adalah daftar karier Jerry Lawson :

  • Lawson bergabung dengan Fairchild Semiconductor sebagai konsultan teknik

  • Beberapa tahun kemudian, Lawson dipromosikan menjadi Direktur Teknik dan Pemasaran departemen video game Fairchild

  • Lawson memimpin pengembangan sistem Fairchild Channel F, konsol sistem video game rumahan pertama yang menampilkan kartrid game yang bisa dilepas pasang, joystick digital 8 arah, dan menu jeda (pause). Channel F menjadi awal munculnya konsol game seperti Atari, SNES, Dreamcast, dan lainnya.

  • Pada tahun 1980, Lawson meninggalkan Fairchild untuk memulai perusahaannya sendiri, VideoSoft, salah satu perusahaan pengembangan video game pertama milik kulit hitam.

 

Keyword:
Google+