Tengah Viral Film CONTAGION Ramalkan Virus Corona?







Bersamaan dengan wabah Corona yang menjadi pandemik di dunia, kini film Contagion yang rilis pada tahun 2011 turut dibicarakan dan tengah menjadi viral karena film ini disebut-sebut sebagai film yang meramalkan virus Corona. Bukan hanya itu, bahkan dalam chart penyewaan film pada beberapa platform, Contagion sempat menduduki posisi puncak sebagai yang paling dicari.

Image result for contagion
Sumber: Roger Ebert

Dirilis pada 2011, film ini menceritakan tentang virus baru tak bernama yang kemudian disebut MEV-1. Mereka yang terpapar MEV-1 memiliki gejala mirip virus Corona yakni batuk, demam tinggi, pusing, dan berakhir dengan kematian. Selain itu, sama seperti virus Corona, virus MEV-1 juga ternyata turut ditularkan dari binatang kelelawar.

Image result for contagion

Diperankan oleh nama-nama besar seperti Matt Damon, Gwyneth Paltrow, Kate Winslet, Laurence Fishburne, Marion Cotillard, hingga Jude Law. Film garapan Scott Z. Burns memang begitu mirip dengan pandemik saat ini. Film ini disebut semakin mirip dengan kondisi saat ini lantaran MEV-1 diceritakan kali pertama menjangkiti Beth (Gwyneth Paltrow) usai dirinya melakukan perjalanan bisnis ke Hong Kong.

Makin mirip virus Corona, lantaran MEV-1 diceritakan kali pertama menjangkiti Beth (diperankan Gwyneth Paltrow), usai melakukan perjalanan bisnis ke Tiongkok. Walhasil, penulis skenario Contagion, Scott Z. Burns dicecar media. “Secara umum memberi tahu mereka (yang selama ini bertanya) bahwa saya bukanlah dokter atau pakar kesehatan masyarakat. Saya mengenal Dr. Ian Lipkin dari Universitas Columbia dan Dr. Larry Brilliant, seorang epidemiologis dari Bay Area saat menggagas Contagion,” Scott Z. Bruns menjelaskan.

Penulis naskah Contagion, Scott Z. Burns. (Foto: Dok. IMDb)

Dalam kesempatan itu ia mengklarifikasi, virus yang diceritakan dalam Contagion bukanlah virus Corona. Contagion bukanlah ramalan akan terjadinya wabah virus Corona yang kini jadi masalah kesehatan global.


 

 

Keyword:
Google+